6 Tips Penting Memilih Nama Domain yang Baik dan Bagus

6 Tips Penting Memilih Nama Domain yang Baik dan Bagus
6 Tips Penting Memilih Nama Domain yang Baik dan Bagus - Sebagai seorang blogger tentu kita sudah tidak asing lagi dengan istilah Domain. Domain adalah sebuah nama uniqe suatu website. Untuk mendapatkan sebuah nama domain yang baik dan bagus, kita harus benar-benar memikirkannya. Hal ini bertujuan agar nama domain yang nantinya telah kita buat tidak menjadi penyesalan, karena kurangnya kecocokan nama domain dan niche situs yang dibahas.

Lalu domain yang seperti apa yang baik dan bagus itu? Domain bisa di ibaratkan alamat rumah seseorang, apabila kita salah dalam membaca alamat tersebut maka tujuan awal tak akan tercapai. Tentu untuk meminimalisir berbagai kesalahan tersebut, diperlukan domain yang user dan seo friendly.

Dengan memilih nama domain yang bagus tentu akan memberikan banyak keuntungan, baik bagi si pemilik situs maupun bagi pengunjung situs nantinya. Salah satu syarat agar domain tersebut user friendly adalah dengan menggunakan domain yang tidak mengandung angka. Lalu bagaimanakah domain yang bagus tersebut? Simak ulasannya dibawah ini.

6 Tips Penting Memilih Nama Domain yang Baik dan Bagus


1. Nama Domain Maksimal 3 kata

Nama domain tersebut sebaiknya pendek, sebaiknya domain terdiri dari 3 kata atau kurang. Hal ini tentu akan memudahkan pengunjung untuk mengingat alamat website nantinya. Seperti yang kita lihat bahwa sekarang ini orang lebih banyak menggunakan domain yang singkat, padat, dan jelas. Serta dari segi search engine, domain yang singkat tersebut juga akan memberikan efek seo friendly yang bagus.

Tidak ada angka yang pasti berapa jumlah karakter domain yang harus kita ikuti, namun perlu diingat bahwa domain semakin pendek lebih baik. Namun meski pendek, domain tersebut harus tetap berbobot. Namun jika anda memang membutuhkan suatu patokan, usahakanlah domain tersebut tidak melebihi 20 karakter. Dengan menggunakan domain kurang dari 20 karakter, domain tersebut bisa langsung kita jadikan sebagai sebuah brand/merk.

Contoh nama domain :
  • Domain satu kata, bisnis.com.
  • Domain dua kata, carabisnis.com.
  • Domain tiga kata, carabisnisonline.com.
  • Domain tiga kata lebih, carabisnisonlineyangmudah.com.

2. Domain Mudah di Ingat

Tips selanjutnya adalah domain tersebut mudah diingat oleh para pengunjung. Usahakanlah domain tersebut merupakan suatu kata yang jelas dan pengunjung mengetahui makna dari domain tersebut, serta dengan domain yang berupa suatu kata pengunjung akan mudah untuk mengingatnya.

3. Ekstensi disesuaikan dengan Tujuan Anda

Ekstensi merupakan akhiran dari sebuah nama domain tersebut, misalnya .com, .net, .org, .gov, .ac.id, .edu, .id, dan .co .

.com digunakan bagi anda untuk situs komersial.

.net digunakan  untuk anda yang membangun situs tentang jaringan.

.org digunakan untuk situs organisasi atau kelompok.

.gov digunakan untuk situs pemerintah.

.edu dan .ac.id digunakan untuk situs pendidikan.

.id digunakan untuk wilayah Indonesia.

.jp digunakan untuk wilayah Jepang.

Namun, masyarakat pengguna internet lebih familiar dengan domain yang berekstensi .com. Karena, pada umumnya situs di interner tersebut menggunakan ekstensi tersebut.

Sebagai sebuah wacana, bila kita disarankan untuk mengunjungi sebuah situs dengan nama domain carasukses, walaupun tidak diberi ekstensi otomatis pikiran kita akan mengarah pada carasukses.com, benar kan ?. Nah, apabila situs tersebut ternyata carasukses.net, tentu ada kebocoran visitor pada website tersebut.

Nah, untuk patokan memilih ekstensi domain, sebagai berikut :
  • Tentukan tujuan situs anda.
  • Bila situs anda bukan bagian dari lembaga pemerintahan, pendidikan, dan komunitas, usahakanlah situs tersebut nantinya menggunakan ekstensi .com.

4. Menarik dan Bermakna

Nah, tips keempat adalah makna dan kemenarikan dari sebuah domain. Usahakanlah domain situs anda nantinya tersebut mengandung sebuah kalimat yang sesuai dengan tema situs anda nantinya. Bila situs anda bertema kesehatan usahakanlah website anda nantinya mengandung domain yang ada kesehatannya, seperti artikelkesehatan.com, kesehatanpenting.com, kesehatanibu.com, kesehatanbayi.com, jagakesehatan.com, jalansehat.com, dan sebagainya. Gunakanlah ide kreatif anda untuk menemukan suatu domain yang unik.

Dengan adanya domain yang sesuai dengan tema, pengunjung dengan sendirinya akan lebih tertarik untuk membaca artikel yang ada pada domain tersebut. Karena, di dalam domain tersebut sudah terkandung sebuah deskripsi situs. Dalam ilmu SEO, domain yang mengandung keyword juga lebih baik daripada domain yang tidak mengandung keyword.

Sebagai contoh perbandingan, situs startupbisnis.com adalah suatu domain yang menggambarkan isi situs tersebut. Apa isi dari situs startupbisnis.com ? Ya pastinya situs itu membahas tentang bisnis.

5. Brandable

Bila anda membuat website untuk corporate atau bisnis gunakan brand/merek perusahaan tersebut sebagai domain, hal ini ditujukan agar website tersebut nantinya lebih dikenal oleh masyarakat bahwa website tersebut merupakan website perusahaan.

Sebagai contoh website dari perusahaan bernama Textil Ku yang menjual berbagai jenis kain. Jadi, domain yang sebaiknya digunakan, seperti textilku.com, textilkusite.com, textilkuofficial.com, dan sebagainya.

6. Tidak Menggunakan Kata Penghubung atau Angka

Tips selanjutnya adalah domain tersebut tidak mengandung kata penghubung atau angka. Hal ini bertujuan agar domain tersebut lebih mudah dikenal dan mudah diingat oleh para pengunjung website nantinya.

Nah, jika domain yang anda inginkan tersebut telah digunakan oleh orang lain, usahanlah agar domain tersebut tidak menggunakan kata penghubung atau angka. Bagaimana jika domain tersebut memang kita butuhkan ?. Jalannya yakni dengan menambah satu kata yang menggambarkan situs anda tersebut.

Baca Juga: 3 Situs Custom Domain yang Bisa diBayar Melaui Paypal

Nah, sebagai contoh domain dari bisnis.com telah digunakan oleh orang lain, jalannya yang lain untuk mengejar keyword bisnis dengan menambahkan kata lain, seperti carabisnis.com, trikbisnis.com, tutorbisnis.com, idebisnis.com, bisnisinfo.com, dan sebagainya.

Untuk penggunaan angka sebaiknya menggunakan kata. Sebagai contoh, domain limabisnis.com lebih baik daripada domain 5bisnis.com. Penggunaan angka diminimalisir agar tidak terjadi kesalahan pengunjung dalam mengunjungi website. Coba bayangkan jika anda baru mendengar website dengan nama “100 Cara”, penulsi yakin sebagian besar dari pembaca pikirannya lebih ke domain seratuscara.com bukan 100cara.com.

Namun, 6 Tips Penting Memilih Nama Domain yang Baik dan Bagus diatas tidak mutlak, hanya sebagai patokan dasar untuk membeli domain. Perlu diketahui bahwa inti dari domain yang baik tersebut adalah kemudahan pembaca untuk mengingat dari domain tersebut. Serta, bagi para blogger hal berikutnya yang perlu diketahui adalah penggunaan keyword yang tepat pada domain anda tersebut.
6 Tips Penting Memilih Nama Domain yang Baik dan Bagus 6 Tips Penting Memilih Nama Domain yang Baik dan Bagus Reviewed by Mgs Rama Dony on 3:28 AM Rating: 5

No comments:

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas.
1. Jangan tinggalkan link akitf
2. Jangan gunakan kata kotor, spam, sara, atau provokasi lain
3. Gunakanlah form komentar dengan baik dan bijak

Powered by Blogger.