4 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Seorang Blogger

4 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Seorang Blogger

4 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Seorang Blogger - Ngeblog adalah sebuah kegiatan mengelola blog atau website, baik itu milik pribadi maupun orang lain. Pada masa sekarang ini, saya menyadari sudah banyak sekali orang yang berkeja sebagai blogger, baik itu wanita ataupun seorang pria.

Bahkan sekarang ini, kita bisa menemui banyak sekali blogger-blogger pemula yang masih duduk dibangku sekolah. Rasanya ngeblog sudah menjadi salah satu bidang pekerjaan yang profesional, tentu jika kita jalani secara serius. Tapi apa kalian tahu jika kita sebagai seorang blogger yang sering bekerja dengan komputer dalam waktu lama lebih cepat terkena gangguan kesehatan, terutama kesehatan mata.

Seperti yang kita ketahui, bahkan mungkin sering kita alami sendiri yaitu duduk berada didepan layar komputer atau laptop dalam waktu yang cukup lama untuk mengelola blog akan berefek buruk bagi kesehatan tubuh kita dan bagian tubuh yang paling terasa yaitu bagian mata. Sebab mata inilah yang berhadapan secara langsung dengan cahaya monitor komputer atau laptop kita.

Nah, untuk mencegah gangguan kesehatan mata yang mungkin sewaktu-waktu bisa menyerang mata kita, ada baiknya jika kita tahu dan belajar mencegah gangguan tersebut sebelum benar-benar menggangu kesehatan mata kita. Berikut ini saya telah merangkum 4 tips menjaga kesehatan mata bagi kamu semua yang sering bekerja didepan komputer, khususnya bagi kamu seorang blogger.

4 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Seorang Blogger

1. Jangan Terlalu Dekat Dengan Layar
Sebagai seorang yang sering bekerja di depan layar, pasti kita dituntut untuk langsung berhadapan dengan komputer secara langsung. Namun usahakan untuk tidak terlalu dekat dengan layar komputer. Setidaknya berilah jarak minimal 1 lengan. Sebab jarak tersebut merupakan jarak paling ideal untuk mata ketika melihat sebuah obyek. Pada jarak satu regangan tangan atau sekitar 50-66 cm mata akan berada pada posisi melihat yang paling nyaman dengan atau tanpa kacamata.

Tidak hanya komputer atau laptop, terapkan jarak pandang minimal ini pada handphone dan sejenisnya. Selain menjaga kesehatan mata, posisi tubuh terhadap layar juga akan membuat postur tetap terjaga karena bisa duduk dengan sikap yang tegak dan tidak membungkuk.

2. Posisikan Layar Laptop atau PC di Bawah Mata Supaya Tidak Tegang
Ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan agar mata selalu sehat yaitu posisi layar terhadap mata. Usahakan layar berada di bawah mata kurang lebih 15-35 derajat. Sehingga mata tidak terus menerus melihat ke arah atas atau memandang lurus.

Karena kalau terus mendongak, otot leher akan menjadi tegang dan bisa menimbulkan lelah yang berkepanjangan. Selain itu, dengan memposisikan layar di bawah mata, kelopak mata juga akan sedikit menutup dan ini akan melindungi bola mata dari polusi udara yang bisa mengiritasi mata.

3. Hindari Cahaya yang Membuat Silau
Memang ketika bekerja dibutuhkan cahaya atau penerangan yang cukup. Tetapi kalau terlalu terang, itu bisa mengganggu penglihatan. Ketika duduk di depan monitor atau komputer seharian penuh, usahakan menghindari cahaya yang menyilaukan seperti sinar matahari langsung.

Selain akan membuat mata lelah, pandangan ke arah layar laptop atau komputer menjadi silau sehingga mata harus bekerja dengan ekstra keras. Karena itu, ketika bekerja jangan duduk menghadap atau membelakangi jendela. Duduklah di samping jendela. Kalau berada di ruangan yang lampunya terlalu terang, segeralah menggantinya dengan penerangan yang lebih hangat.

4. Perhatikan Pengaturan Cahaya pada Layar PC atau Laptop
Biasanya pengguna laptop tidak perlu bersusah payah mengatur penerangan dalam laptop atau handphone mereka karena sebagian besar sudah diatur secara otomatis. Tapi untuk komputer atau laptop yang cahayanya terlalu gelap atau terang, perlu diatur ulang supaya penglihatan tetap sehat. Usahakan mendapatkan cahaya yang pas, sehingga baik untuk kesehatan mata.

***

Nah itulah 4 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Seorang Blogger dan juga bagi kamu semua yang sering bekerja menggunakan komputer atau laptop dalam waktu yang cukup lama. Menjaga kesehatan mata merupakan sebuah hal yang sangat penting, karna hanya dengan mata inilah kita bisa melihat keindahan dunia.

Jadi, meskipun kita sebagai seorang blogger yang sering berlama-lama dengan komputer tapi kita juga harus memperhatikan aspek kesehatan yang ada pada diri kita sendiri.

#Tags

Tidak ada komentar untuk *4 Tips Menjaga Kesehatan Mata Bagi Seorang Blogger!

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas dan jangan buang waktu anda hanya untuk membuat komentar SPAM disini.