10 Cara Belajar yang Efektif, Efisien dan Berkualitas

10 Cara Belajar yang Efektif, Efisien dan Berkualitas

10 Cara Belajar yang Efektif, Efisien dan Berkualitas - Hay, sobat blogger! Apa kabar? Saya harap kalian semua selalu baik-baik saja ya. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit tips belajar yang efektif dan berkualitas yang bisa sobat terapkan dalam proses belajar sehari-hari. Khususnya bagi yang masih sekolah, dan akan menghadapi ujian sekolah.

Bagi semua siswa, belajar adalah sebuah kewajiban yang harus dipenuhi untuk menjadi siswa yang berprestasi. Pelajar yang baik, adalah pelajar yang belajar dengan baik.

Apa itu belajar yang baik?

Belajar yang baik adalah suatu proses belajar yang menghasilkan peningkatan pengetahuan, sikap dan/ keterampilan lainnya. Belajar yang baik seharusnya belajar yang mendukung pencapaian tujuan-tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang bermanfaat bagi kehidupannya.

Lalu bagaimana belajar yang Berkualitas?

Cara belajar yang berkualitas bagi seorang pelajar adalah belajar dengan cara yang efektif serta efisien. Sebab, jika kita belajar dengan cara yang tidak bermutu, itu artinya kita hanya akan membuang-buang waktu dan energi saja.

Dan bagaimana cara belajar yang efektif, efisien dan berkualitas?

Berikut 10 Cara Belajar yang Efektif, Efisien dan Berkualitas yang dapat sobat coba:

#1. Berdoa Sebelum dan Sesudah Belajar

Sebagai hamba Allah swt. berdoa sebelum melakukan sesuatu hal merupakan sebuah keharusan. Berdoa dapat menguatkan jiwa dan memberikan keberkahan pada sebuah usaha. Karena itu jangan pernah dilupakan, usaha didunia berkah di akhirat.

#2. Menentukan Tujuan Belajar

Menentukan tujuan belajar merupakan salah satu cara belajar yang berkualitas. Dengan adanya tujuan belajar maka kita akan semakin bersemangat dalam belajar. Selain itu, menentukan tujuan belajar juga akan membuat belajar kita bisa menjadi lebih terarah.

#3. Menentukan Target dari Hasil Belajar

Selain menentukan tujuan belajar, kita juga harus berfikir tentang target hidup yang ingin dicapai dari hasil belajar. Target hidup yang ingin dicapai dari hasil belajar, misal: ingin nilai ujian tinggi, nilai raport memuaskan atau lulus dengan prestasi.

Menentukan target hidup akan memberikan kita motivasi untuk belajar lebih bersemangat. Bila perlu tuliskan target hidup sobat sebagai cita-cita dan tempelkan ditempat yang bisa kalian lihat setiap belajar.

#4. Membuat Jadwal Belajar dan Menaatinya

Membuat jadwal jam berapa saja sobat harus belajar dan berapa lama belajar akan membuat proses belajar sobat akan lebih efisien dan tertata. Belajar yang sudah terjadwal dengan baik akan menjadi pedoman harian bagi sobat untuk tetap belajar setiap hari.

Ingat! Belajar singkat, OK asal rutin. Jangan mudah bosan. Belajar singkat tapi rutin jauh lebih baik dari pada sistem kebut semalam.

#5. Istirahat yang Cukup

Memberikan istirahat pada diri kita sendiri dari aktifitas belajar, misalnya setelah belajar selama satu jam istirahatlah selama 5-10 menit dengan kegiatan santai yang kalian sukai, sekedar minum atau jalan-jalan sebentar.

#6. Tuliskan dan Tandai / Rangkuman

Membuat catatan akan hal-hal penting dari yang kita pelajari kedalam buku catatan. Buatlah ringkasan atau kata-kata kunci dari buku sumber belajat sobat.

Tandai bagian yang penting dari buku sumber dangan tanda-tanda yang menarik dan mudah dilihat. Jika buku itu miliki sendiri bisa menggunakan stabilo atau pensil warna. Kalau ingin buku tetap bersih bisa gunakan potongan kertas warna-warni yang diselipkan dihalaman buku yang diinginkan.

#7. Kondisikan dan Nikmati

Kondisikan ruang belajar sobat agar lebih nyaman untuk belajar. Atur sedemikian rupa sehingga meja, kursi, rak buku, dan lampu pada posisi yang pas untuk mendukung kenyamanan belajar.

Sobat juga dapat memberikan hiasan yang membuat kita nyaman dan senang berada disana, bermainlah dengan warna-warna cerah dan lembut untuk cat tembok dan furniture. Bila memungkinkan berilah tanaman hijau dalam pot yang cocok untuk indoor, agar suasana belajar lebih segar.

#8. Jauhkan Semua Gangguan

Menjauhkan diri dari hal-hal yang dapat mengganggu proses belajar kita. Misalnya televisi, handphone dan sebagainya.

Hal yang anda bisa lakukan terkait dengan televisi ini adalah adanya kesepakatan seluruh keluarga yaitu dengan tidak menghidupkan televisi pada jam-jam belajar.

#9. Kenali Tipe Belajar Kita

Mengenali tipe belajar kita, kalau kamu suka belajar dengan simbol, gambar dan visualisasi, maka belajarlah yang melibatkan hal-hal visual yang akan membuatmu tertarik. Misalnya dengan memperhatikan gambar-gambar pada buku sumber kemudian menelaah penjelasannya, gunakan ilustrasi dan warna yang bervariasi dalam buku catatanmu agar selalu berminat untuk mempelarinya.

Jika kamu suka belajar dengan mendengarkan suara, maka kamu bisa belajar sambil mendengarkan musik atau suara lainnya.

#10. Perbanyak Baca, Baca dan Baca

Jangan bosan dan jangan malas untuk membaca. Turuslah perbanyak membaca, karena membaca menjadi pitu masuk pengetahuan dan wawasan yang merupakan tahapan belajar dasar. Semua sumber belajar saat ini kebanyakan berbasis teks, jadi jangan malas untuk membaca. Jika ada waktu luang diluar jam belajar sobat, gunakan waktu tersebut untuk membaca agar wawasanmu makin luas dan pengetahuan mu juga terus bertambah.


Nah, itulah 10 Cara Belajar yang Efektif, Efisien dan Berkualitas yang bisa sobat coba dan terapkan dalam proses belajar. Semua orang pasti memiliki cara mereka masing-masing dalam belajar, namun hal yang terpenting dalam belajar haruslah tekun dan jangan mudah bosan apalagi menyerah. Terus belajar!

Jika sobat memiliki Cara Belajar yang Efektif, Efisien dan Berkualitas yang lain, silahkan dishare dikomentar. Semoga dapat bermanfaat! Selamat belajar.

Sumber: Gussmart.com

#Tags

Tidak ada komentar untuk *10 Cara Belajar yang Efektif, Efisien dan Berkualitas!

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas dan jangan buang waktu anda hanya untuk membuat komentar SPAM disini.