7 Tips Membangun Sebuah Blog yang Berkualitas Baik

7 Tips Membangun Sebuah Blog yang Berkualitas Baik

7 Tips Membangun Sebuah Blog yang Berkualitas Baik - Membangun sebuah blog yang baik dan berkualitas bukanlah sebuah hal yang gampang untuk dilakukan. Banyak hal yang bisa mempengaruhi kualitas sebuah blog, dan salah satunya adalah desain blog itu sendiri.

Desain sebuah blog merupakan sesuatu yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab blog yang memiliki tampilan yang cantik mampu mempengaruhi tingkat kualitas dan keprofesionalitasan blog yang kamu miliki. Dengan desain blog yang baik, dijamin dan bisa dipastikan jika pengunjung betah berlama-lama diblog kamu.

Pada umumnya memang membuat blog yang bagus pastinya tidak lepas dari pemilihan template yang berkualitas pula. Pemilihan template yang tepat bisa dibilang merupakan salah satu hal yang krusial dalam blog. Bahkan ada yang mengatakan "konten adalah raja, maka desain adalah ratunya".

Namun bagi kamu yang tidak ingin mengganti template yang saat ini kamu gunakan, ada kok alternatif lain yang bisa kamu terapkan untuk membangun sebuah blog yang berkualitas baik, apalagi dimata pengunjung. Apa alternatif tersebut? Alternatif lain yang bisa kamu coba tentu saja mengoptimalkan fitur yang ada ditemplate kamu saat ini dan juga menambahkan fitur-fitur baru yang mungkin belum dimiliki oleh template kamu saat ini.

Dibawah ini saya akan memberikan referensi tentang cara mengoptimalkan fitur yang ada dan harus dimiliki oleh blog kamu. Tujuannya tentu agar membuat tampilan blog kamu lebih berkualitas dan juga menarik dimata para pengunjung. Panasaran apakah saja itu? Silahkan disimak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Berikut 7 Tips Membangun Sebuah Blog yang Berkualitas Baik:


1. Dark text and clean background
Kita dan pengunjung blog bertemu hanya lewat layar kaca sehingga sebuah tantangan tersendiri untuk mempertahankan pengunjung dalam jangka waktu yang lama. Oleh karna itu buatlah sebuah tempat yang nyaman untuk memanjakan visual mereka seperti perpaduan teks gelap dengan warna background yang terang.

2. Clear navigation
Pastikan juga blog kamu memiliki kejelasan navigasi, sehingga mudah bagi pengunjung untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Seorang pengunjung biasanya akan merasa malas jika mereka mendapati sebuah blog yang mempunyai navigasi yang sulit.

3. Informative sidebar
Maksimalkan sidebar dengan baik. Sidebar tanpa disangka juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung untuk berlama-lama di blog kamu. Kamu bisa mengisi sidebar blog dengan recent post, kategori, dan link penting lainnya. Nah, sudahkah blog kamu mempunyai fitur slidebar?

4. No blingky images and high flash
Flash memang sangat menarik karena mampu membuat blog kamu terlihat interaktif, sayangnya jika berlebihan hal ini justru menjadi semacam boomerang. Flash tingkat tinggi dan tampilan yang bling-bling akan membuat tampilan halaman kamu menjadi melambat sehingga sulit diakses. Sebab yang kita ketahui pengunjung sangat tidak suka menunggu dalam membuaka halaman blog.

5. Gunakan font yang familiar
Jenis dan ukuran font jelas berpengaruh terhadap kenyamanan pengunjung. Font yang terlalu besar atau kecil dengan bentuk yang tidak jelas pastinya membuat pengunjung tidak nyaman. Oleh karna itu, pilih dan gunakan jenis font yang tepat, sesuai dan juga mudah untuk dibaca oleh pengunjung pastinya.

6. No Pop Up windows
Siapa yang tidak malas jika membuka sebuah blog berisikan pop up. Pastinya kamu sebagai seorang pemilik blog pun juga akan malas jika menemukan hal ini kan? Untuk itu, maksimalkanlah konten dan hindari hal ini.

7. Plugin
Bagi seorang blogger, plugin berguna sebagai alat untuk membuat tampilan blog lebih menarik. Jangan lupa pasang plugin yang sesuai dengan platform blog kamu agar tampilannya benar-benar bisa maksimal.

Ingat, desain blog merupakan kesan pertama yang akan dilihat oleh pengunjung dan inilah yang nantinya akan membuat mereka berfikir apakah akan menetap di blog kamu atau justru malah langsung menutup halaman blog kamu.

Nah itulah 7 Tips Membangun Sebuah Blog yang Berkualitas Baik. Semoga dengan sedikit tips diatas bisa membuat blog kamu kebanjiran pengunjung. Pertanyaannya sekarang, sudahkah blog milikmu memiliki karakteristik di atas?

#Tags

Tidak ada komentar untuk *7 Tips Membangun Sebuah Blog yang Berkualitas Baik!

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas dan jangan buang waktu anda hanya untuk membuat komentar SPAM disini.