7 Cara Menjadi Stand up Comedian Untuk Pemula

7 Cara Menjadi Stand up Comedian Untuk Pemula

7 Cara Menjadi Stand up Comedian Untuk Pemula - Akhir-akhirnya kegiatan Stand up Comedy sedang banyak digandrungi oleh berbagai kaum dan usia diseluruh Indonesia. Padahal awalnya stand up comedy tidak begitu disorot ke publik, namun sejak ada sebuah acara lomba stand up disalah satu stasiun tv, kini membuat Stand up Comedy memiliki tempat tersendiri dihati penikmatnya.

Dengan seiring makin populernya kegiatan stand up ini, membuat sebagian orang mulai tertarik dengan salah satu hobi namun sekaligus pekerjaan ini. Mengapa saya bilang stand up sebuah pekerjaan? iya, memang saat ini stand up tidak bisa dipandang sebagai salah satu penyalur hobi saja, tetapi sudah menjalar menjadi sebuah pekerjaan yang sangat menjanjikan.

Sebagai contoh saja, sudah banyak stand up comedian yang sukses membawa mereka ke atas puncak popularitas hanya dengan menjalani kegiatan stand up ini dan bisa mendapatkan penghasilan yang cukup fantastis untuk pekerjaan yang hanya menggunakan suara. Beberapa stand up comedian yang cukup populer misalnya: Raditya Dika, Ernest Prakasa, Ge Pemungkas, Kemal, Pandji dan masih banyak lagi stand up lainnya.

Nah, mungkin seiring dengan perkembangan dunia stand up di Indonesia, pernah ngak sih kamu kefikiran untuk menjadi stand up comedian? Apa kamu udah jadi stand up comedian? Atau pernah coba openmic tapi takut untuk mencoba lagi karena ngak ada yang ketawa? yang saya tau banyak comic baru yang gak mau mencoba lagi gara-gara trauma gak ada yang ketawa. Jangan salahkan penonton, mungkin kitanya aja belum siap.

Memang untuk menjadi stand up comedian bukanlah sesuatu yang gampang. Sebab menurut saya, jadi comica itu bukan asal ngomong di depan penonton terus lucu lalu dapet tepuk tangan. Kalau soal lucu, kang sule juga lucu. Stand up comedy itu gak asal bikin ketawa penonton, tapi juga harus memberi pesan moral ke penonton.

Nah bagi kamu yang tertarik akan dunia stand up comedy, pada kesempatan kali ini saya mau berbagi sedikit tips buat kamu yang ingin jadi comica, terutama buat kamu yang baru mencoba.
Berikut ini 7 Cara Menjadi Stand up Comedian Untuk Pemula.

#1. Menulis Materi Stand UP

Hal yang pertama yang harus kamu lakukan untuk menjadi comica adalah membuat materi stand up kamu sendiri. Karna materi inilah yang akan kamu bawakan ketika kamu melakukan stand up diatas panggung. Saya pastikan semua comica pasti menulis materi, tak terkecuali Pandji dan Ernest Prakasa juga nulis materi sebelum tampil.

Tujuannya tentu agar kita ngak blank ketika di atas panggung. Kita tau dimana mau opening dan kapan mau closing. Semuanya bakal keliatan rapi kalau materinya ditulis dulu. Banyak comic baru yang gak nulis materi gara-gara punya pemikiran kalau stand up comedy itu asal ngelucu depan panggung. Stand up comedy itu beda sama komedi lainnya.

#2. Jangan "Try to be Funny"

Ini juga yang membedakan stand up comedy dengan komedi lainnya, stand up comedy itu gak "try to be funny" (mencoba untuk lucu). Pakai kostum badut, lempar-lempar tepung, dll. Memang sih, biasanya kalau baru mencoba kemungkinan besar try to be funny, sebelum terlambat saya sarankan jangan. Bikin penonton ketawa gara-gara apa yang kita omongkan, jangan ketawa gara-gara kelakuan gak jelas kita diatas panggung.

#3. Jangan Pernah Pakai Materi Orang

Untuk menjadi seorang comica yang profesional, materi yang dibawakan harus 100% buatan sendiri. Kita tidak boleh menggunakan materi comica yang sudah ada atau mencari materi di internet. Misal "Kumpulan cerita lucu", dan sebagainya.

Kemungkinan sama dengan materi orang lain itu ada. Seperti kata Raditya Dika: "sama itu gak papa, asal gak disama-samain". Tapi, kalau ada yang bilang "Wah, materi lo sama kayak punya si Pandji". Kamu gak usah ngeyel, bikin materi baru lagi, kalah cepet itu namanya.

#4. Menjadi Diri Sendiri

Setau saya, comica yang paling banyak ditiru itu Raditya Dika, Kemal, Ge Pamungkas, atau Fico. Ditiru dari segi materi, pembawaan, pokoknya mirip banget lah. Untuk yang seperti ini saya sarankan jangan meniru karakter yang udah ada. Kan dari lahir kita diciptakan berbeda-beda.

#5. Jangan Pernah Puas

Kalau kita udah nulis materi, gak try to be funny, gak pakai materi orang lain, jadi diri sendiri. Jangan puas dulu, kita gak akan pernah belajar kalau kita cepat merasa puas. Masih banyak kekurangan yang perlu diperbaiki. Bisa jadi penampilan pertama pecah, tapi penampilan kedua garing. Jadi latih terus kemampuan stand up kamu.

#6. Perbanyak Jam Terbang

Melatih kemampuan stand up itu bisa dimana saja, pas lagi di kost, nyetir mobil, atau didepan kaca. Tapi, jam terbang itu cuma bisa didapetin dipanggung ketika kita openmic.

Openmic itu panggung uji materi buat comic baru atau comic yang udah lama. GRATIS! Jangan mau kalau disuruh nonton openmic bayar, atau bayar buat tampil di panggung openmic. Jangan pernah berharap kalau openmic itu pasti lucu. Ada yang lucu, ada juga yang gak lucu. Namanya juga gratis + uji materi.

Kalau stand up show itu si comic dibayar, atau penonton yang bayar buat nonton comic, dan pasti comicnya lucu. Masih banyak yang belum bisa bedain mana openmic dan mana stand up show.

Memperbanyak jam terbang itu memiliki banyak manfaat, dimana kita bisa tau letak kesalahan kita. Kurang intonasi, atau kurang yang lainnya. Comic yang udah terkenal juga openmic loh, kayak Pandji, Ernest dll. Intinya sih, kita gak bakal tau kualitas materi kita kalau gak di openmic kan.

#7. Bergabung Dalam Komunitas Stand UP

Kalau menurut saya sih ikut komunitas itu wajib, kamu bisa gabung di komunitas stand up comedy di kota kamu. Ikut komunitas itu enak.

Pertama: Kita bakal dikasih masukan sama comic yang udah pengalaman. Kurangnya dimana, dll. Kalau gak ikut komunitas kita pasti gak ada yang evaluasi.

Kedua: Dapet jatah manggung. Kalau ada tawaran job kemungkinan (Kalau lucu), bakal dapet job. Seneng loh, udah dapet pahala bikin orang ketawa, dapet duit juga.

Ketiga: Tampil di stand up nite. Stand up nite itu acara komunitas yang isinya full stand up comedy. Kalau stand up show biasa kan kita diundang buat ngisi diacara tertentu. Jarang-jarang comic bisa tampil di panggung stand up nite, karena yang tampil comic-comic terpilih di komunitas.

---

Nah mungkin itulah 7 Cara Menjadi Stand up Comedian Untuk Pemula. Meski sebenarnya masih banyak ilmu yang perlu kita pelajari untuk menjadi stand up comdian yang profesional. Namun saya rasa, semua itu dapat kita pelajari seiring waktu. Karna lebih baik kita belajar dari dasarnya dulu saja supaya kita mudah untuk naik level nantinya.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua, dan selamat mencoba menjadi seorang comica hebat!
7 Cara Menjadi Stand up Comedian Untuk Pemula 7 Cara Menjadi Stand up Comedian Untuk Pemula Reviewed by Mgs Rama Dony on 1:02 AM Rating: 5

No comments:

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas.
1. Jangan tinggalkan link akitf
2. Jangan gunakan kata kotor, spam, sara, atau provokasi lain
3. Gunakanlah form komentar dengan baik dan bijak

Powered by Blogger.