Memahami Perintah Dasar Linux

Memahami Perintah Dasar Linux

Memahami Perintah Dasar Linux - Linux merupakan salah satu sistem operasi berbasis teks yang cukup banyak digunakan dalam berbagai sistem jaringan komputer, baik itu untuk sistem operasi sebuah server dalam jaringan internet. Karna Linux memiliki kekuatan terhdapat beberapa serangan virus komputer.

Bagi anda yang ingin mempelajari linux, maka anda harus memahami Perintah Dasar Linux (Basic Command Line Interface). Perintah-perintah modus teks yang dijalankan pada Linux mempunyai nama lain yaitu Command Line, Command Line Interface (CLI).

Command dijalankan dengan cara mengetik pada console atau terminal atau shell (sebutan jika anda mengakses server dengan menggunakan Putty) dan diikuti dengan enter. Berikut ini beberapa command yang wajib dihafalkan.

man
Adalah perintah untuk melihat dokumentasi atau manual dari suatu perintah. Jika anda kurang memahami suatu command, maka anda bisa menjalankan command man untuk mendapatkan penjelasan dan gambaran mengenai command yg ingin anda ketahui tersebut. Misalnya man mkdir maka anda akan mendapat informasi di layar mengenai command mkdir.

pwd
Perintah untuk melihat pada direktori manakah anda sedang bekerja. Pwd artinya print working directory. Jika anda ragu sedang berada di dalam direktori mana maka bisa menjalankan command pwd dan hasilnya bisa terlihat di layar.

ls –al
Untuk melihat isi dari suatu direktori dimana anda berada, gunakan perintah ls –al. Command ini harus jadi pegangan /harus hafal luar kepala dan jadi kebiasaan. Setelah masuk ke suatu direktori biasakan ketik ls –al untuk mengecek isinya, setelah selesai mengcopy atau rename file atau direktori pastikan pula command ls –al siap untuk anda jalankan selalu.

cd
Perintah ini berarti change directory yang artinya adalah perintah untuk berpindah direktori. Jika anda sedang berada di dalam dir /var dan di dalam direktori tersebut ada direktori bernama log maka untuk masuk ke direktori tersebut gunakan perintah cd log. Untuk kembali ke posisi direktori diatasnya ketik cd .. (cd diikuti spasi dan dua titik).

mkdir
Command untuk membuat direktori baru. Sebagai contoh, jalankan saja mkdir documents maka anda akan membuat sebuah direktori bernama documents.

mv
Command ini memiliki dua fungsi berbeda yaitu untuk melakukan rename suatu file ataupun memindah suatu file/direktori ke direktori lain. Misal menjalankan mv koruptor tikus maka hasilnya file bernama koruptor akan berubah menjadi tikus. Jika anda menjalankan mv koruptor /penjara maka anda memindahkan file bernama koruptor kedalam direktori bernama penjara. Perhatikan adanya tanda slash / di depan direktori penjara artinya direktori ini berada di dalam dir / .

passwd

Perintah untuk mengganti password baik user maupun root. Untuk mengganti password user bernama superman bisa dengan menjalankan passwd superman. Anda akan diminta mengisi password sebanyak 2x (satu untuk konfirmasi). PERHATIAN: password apapun yang diketik atau dipaste di console TIDAK akan visible/tampak tetapi teks password tersebut sebenarnya sudah terinput di console. Untuk mengganti password root cukup jalankan passwd (tanpa
diikuti username).

useradd
Untuk menambahkan user ke dalam system, gunakan perintah useradd diikuti dengan nama username yang diinginkan misalnya useradd paijo. Jangan lupa setelahnya harus selalu diberi password dengan command passwd. Baca command passwd diatas.

userdel
Perintah untuk menghapus user. Jalankan dengan cara menambahkan user yang ingin dihapus dibelakangnya.

rm –i
Perintah untuk menghapus suatu file. Contoh rm –i rahasia.txt maka file bernama rahasia.txt akan terhapus.

w
Command untuk melihat siapa yang sedang aktif login di server.

date
Untuk melihat tanggal dan jam saat ini (sesuai waktu server).

top
Untuk monitoring proses-proses pada server secara real time. Tekan Q pada keyboard untuk berhenti.

free –m
Command untuk cek pemakaian memory/ram server.

cp
Perintah untuk copy file ataupun direktori. Ketik cp kambing sapi untuk mengcopy file bernama kambing dan menjadi satu file baru bernama sapi. Untuk mengcopy satu direktori beserta isinya gunakan cp –R rahasia /home/ maka hasilnya direktori bernama rahasia akan tercopy di dalam direktori /home.

touch
Command untuk membuat file kosong. Misalnya touch laporan maka hasilnya akan tercipta sebuah file bernama laporan. Untuk mengedit file laporan tersebut anda bisa menggunakan file editor misalnya vi, vim, pico ataupun nano. Contoh vim laporan.

reboot
Perintah untuk merestart server anda.

uptime
Untuk melakukan cek sudah berapa lamakah server online. Server yang bagus adalah server dengan uptime yang kontinyu, tanpa interupsi shutdown atau reboot yang atas bukan kehendak owner.

ping
Cek apakah remote server/host/ip online atau down. Contoh ping detik.com atau ping 8.8.8.8

cat
Menampilkan isi dari suatu file.

exit
Perintah untuk keluar dari console.


Resource: http://kangismet.net/memahami-perintah-dasar-linux/
Memahami Perintah Dasar Linux Memahami Perintah Dasar Linux Reviewed by Mgs Rama Dony on 4:38 AM Rating: 5

No comments:

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas.
1. Jangan tinggalkan link akitf
2. Jangan gunakan kata kotor, spam, sara, atau provokasi lain
3. Gunakanlah form komentar dengan baik dan bijak

Powered by Blogger.