3 Tips Jitu Agar Proses Closing Berjalan Sukses

3 Tips Jitu Agar Proses Closing Berjalan Sukses

3 Tips Jitu Agar Proses Closing Berjalan Sukses - Para pebisnis pasti sudah akrab dengan yang namanya closing. Tapi untuk yang masih awam mungkin masih bingung dengan istilah yang satu ini. Closing artinya tahapan dimana penjual mempromosikan produknya.

Closing sangat menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Dalam melakukan closing, pebisnis harus bisa membuat penawaran yang menarik para calon pelanggannya untuk membeli. Jika ternyata, banyak calon pembeli yang berniat membeli produk yang ditawarkan, bisa dipastikan bahwa closing yang dilakukan sukses. Sebaliknya, jika dengan closing tersebut calon konsumen tidak terlalu tertarik, maka closing dianggap gagal.

Closing yang dilakukan harus bisa menarik hati pelanggan. Intinya harus bisa "menggoda" calon pelanggan untuk membeli. Sayangnya, banyak penjual yang gagal dalam melakukan closing. Nah, untuk itu agar closing yang anda lakukan bisa sukses, silahkan coba 3 cara berikut ini:

#1. Beri Tawaran yang Menguntungkan

Tahap awal dari sukses melakukan closing sale adalah memberikan keuntungan yang sama bagi kedua pihak yaitu penjual dan pembeli. Pastikan produk yang dijual bisa menjawab kebutuhan pembeli. Kemudian tawarkan keunggulan barang yang sekiranya dapat memenuhi keperluan dari si calon pembeli.

Misalnya dengan memberikan diskon, jaminan dan garansi untuk produk yang dijual. Penawaran yang mampu memenuhi kebutuhan para calon konsumen biasanya lebih menarik untuk dibeli. Supaya sukses melakukan closing, akan lebih baik melakukan riset terlebih dahulu.

#2. Dorong Pelanggan Agar Membeli

Tujuan melakukan penjualan tentu saja agar barang dagangan laris terjual. Untuk itu, pemasar harus bisa menggoda pelanggan untuk segera melakukan pembelian. Langkah kedua ini gampang-gampang susah. Cara paling umum agar pembeli tertarik dengan produk dan segera membeli adalah dengan memberitahukan bahwa harga akan naik setelah sekian bulan atau sekian minggu.

Dengan begitu, calon pelanggan yang benar-benar membutuhkan barang tersebut akan tertarik membeli barang. Tetapi jika ingin melakukan strategi ini, dapatkan target penjualan yang tepat dan setelah itu, tetapkan harga yang masih wajar tetapi terlihat sangat menggiurkan.

#3. Cepat Memproses Transaksi

Setelah melakukan promosi dan pelanggan terlihat tertarik, maka lakukan follow up dengan cepat. Tanyakan lagi kepada calon pelanggan jadi melakukan pembelian atau tidak. Kalau jadi, maka lakukan proses transaksi jual beli dengan cepat.

Jangan hanya karena sibuk melakukan promosi, penjual jadi tidak siap melayani produksi dan distribusi dari barang. Pelanggan tentu akan puas jika dilayani dengan cepat.

Bagaimana? semoga dengan membaca 3 Tips Jitu Agar Proses Closing Berjalan Sukses bisa membantu anda dalam mengembangkan bisnis lebih besar dan baik lagi. Sebagai seorang pebisnis tentu kita harus dituntut untuk selalu cermat dalam menangani perubahan pasar, oleh karna itu kita haruss mencoba segala sesuatu yang sekiranya bisa membantu proses berjalan bisnis dengan lancar.

#Tags

Tidak ada komentar untuk *3 Tips Jitu Agar Proses Closing Berjalan Sukses!

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas dan jangan buang waktu anda hanya untuk membuat komentar SPAM disini.