Tips Safety Riding Berkendara Roda Dua yang Baik dan Benar

Tips Safety Riding Berkendara Roda Dua yang Baik dan Benar

Tips Safety Riding Berkendara Roda Dua yang Baik dan Benar - Dimasa sekarang ini para pengguna kendaraan ringan khususnya sepeda motor semakin bertambah? Karena memang sebagian orang berpendapat bahwa menggunakan sepeda motor sangat ekonomis, biaya bahan bakar yang murah dan juga bebas hambatan karena mudah menyalip kendaraan lain. Selain itu, dengan bertambah banyaknya para pengguna sepeda motor hal ini menyebabkan kemacetan di beberapa kota besar. Bahkan kemacetan juga sering terjadi di jalan lintas sumatra disekitar tempat tinggal saya. Meski jalan raya sudah diperlebar dan dibuat 2 jalur, namuan kemacetan masih saja sering terjadi.

Dengan bertambahnya pengguna sepeda motor, maka angka kecelakaan sepeda motor juga sering terjadi. Bahkan setiap tahun kendaraan bermotor menjadi salah satu penyumbang angka kecelakaan terbesar di Indonesia sebesar 71 persen kecelakaan yang terjadi melibatkan sepeda motor. Mengapa kecelakaan banyak menimpa pada pengguna sepeda motor? Ini terjadi karena kurangnya memperhatikan keselamatan dalam berkendaraan atau Safety Riding. Oleh karena itu tanggung jawab utama untuk keselamatan di jalan ada dalam diri Anda sendiri.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Safety Riding untuk mengendarai sepeda motor, diantaranya:
  1. Sebelum melakukan perjalanan, cek terlebih dahulu kondisi kendaraan yang akan dipakai. Bagian-bagian yang mesti dilakukan pengecekan yaitu: bensin, oli, rantai, ban, lampu, baterai / aki, baut mur, kaca spion, kopling dan rem.
  2. Pastikan STNK, Surat Tanda Nomor Kendaraan selalu dibawa sebagai bukti bahwa kendaraan yang dipakai legal.
  3. SIM, Surat Izin Mengemudi selalu dibawa sebagai bukti untuk mengendarai kendaraan.
  4. Gunakan helm standar, kaca helm harus bersih, helm bisa full face atau half face.
  5. Gunakan sarung tangan yang mudah menyerap keringat serta tidak licin saat memegang handle motor, lebih baik lagi bila dilengkapi bahan keras dibagian depan tangan.
  6. Pakai jaket yang mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun saat terjadi benturan baik kecil maupun besar, bila perlu pakai rompi khusus. Pertimbangkan juga ventilasi yang baik agar jaket nyaman digunakan.
  7. Jika berkendara dalam keadaan gelap, ada baiknya menggunakan jaket/rompi dengan warna fluorecent.
  8. Gunakan jas hujan yang terpisah (atasan+celana) dengan bahan yang tidak gampang sobek dan tidak tembus air.
  9. Pakai sepatu yang nyaman serta aman bagi seluruh lapisan kaki. Minimal menutupi daerah mata kaki. Jangan biasakan menggunakan sandal saat berkendara.
  10. Dengan mentaati rambu-rambu dan lampu pengatur lalu-lintas. Menjaga etika dan kewaspadaan saat berkendara. Dan yang paling penting adalah membiasakan diri sendiri menerapkan prosedur standar keamanan dan keselamatan berkendara di jalan raya. Hal ini dibutuhkan untuk mengurangi angka kecelakaan.
Referensi: jgmotor.co.id

#Tags

Tidak ada komentar untuk *Tips Safety Riding Berkendara Roda Dua yang Baik dan Benar!

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas dan jangan buang waktu anda hanya untuk membuat komentar SPAM disini.