Lakukan 4 Hal Ini Agar Tes Interview Anda Berjalan Sukses

Lakukan 4 Hal Ini Agar Tes Interview Anda Berjalan Sukses

Lakukan 4 Hal Ini Agar Tes Interview Anda Berjalan Sukses - Sebagai seorang pencari kerja, proses interview merupakan tahap akhir dan paling menentukan diterima atau tidaknya lamaran kerja yang kita ajukan. Oleh karna itu, dalam melakukan proses interview kita tidak boleh asal-asalan dan harus dilakukan dengan serius agar kita bisa mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan.

Nah, bagi anda yang akan menjalani proses interview pekerjaan, berikut ini saya telah merangkum 4 tips yang bisa anda lakukan agar proses interview anda bisa berjalan sukses.

Lakukan 4 Hal Ini Agar Tes Interview Anda Berjalan Sukses

1. Mencari Banyak Informasi Tentang  Posisi yang Dilamar
Sebelum interview, ada baiknya anda mencari banyak informasi tentang pekerjaan yang anda lamar. Karena sebuah perusahaan biasanya memberikan pertanyaan seputar gaji dan fasilitas yang diinginkan oleh calon karyawannya. Jangan menjawab lebih rendah dari standar dan jangan pula mematok gaji yang terlalu tinggi.

Sebelum menjawab berapa gaji yang anda inginkan, periksa dahulu kemampuan dan pengalaman anda. Seorang fresh graduate tentu memiliki harga yang berbeda dengan orang yang sudah berpengalaman. Untuk mengetahui standar gaji seorang karyawan, banyaklah mencari informasi di internet atau media cetak dan bisa juga bertukar pengalaman dengan orang lain.

2. Jangan Ceritakan Keburukan Perusahaan Sebelumnya
Bila anda seorang pelamar yang sudah bekerja pada suatu perusahaan sebelumnya, interviewer pasti menanyakan kelemahan perusahaan anda sebelumnya. Jangan menceritakan apapun tentang keburukan perusahaan anda terdahulu baik dari segi lingkungan maupun manusianya. Sejumlah pelamar sering terjebak dengan pertanyaan interviewer yang satu ini. Supaya bisa menjawab pertanyaan semacam ini, siapkan jawaban terlebih dahulu.

Bukan berarti anda harus menutupi kelemahan perusahaan anda bekerja, tetapi berusahalah memberikan jawaban yang lebih elegan. Meskipun anda sudah dibilang cukup berpengalaman, jangan lupa untuk selalu rendah hati. Katakan bahwa anda bersedia untuk belajar. Jangan sesekali meremehkan pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara.

3. Aktif Ketika Interview dan Rendah Hati
Wawancara bukanlah pembicaraan satu arah, tetapi ada anda dan interviewer. Jadi berusahalah untuk bertanya jangan hanya menjawab. Misalnya tanyakan tentang peraturan perusahaan yang sekiranya belum jelas, asuransi apa saja yang akan anda terima bila sudah resmi menjadi karyawan di perusahaan tersebut. Aktif dalam wawancara menunjukan kepribadian anda bahwa anda bukan tipe orang yang pasif.

Selain itu, jawablah pertanyaan yang diajukan dengan lugas. Misalnya pertanyaan tentang pengalaman anda bekerja dan apa saja kontribusi yang anda berikan untuk perusahaan tersebut. Jawab dengan singkat dan tegas.

4. Bersemangat Dalam Proses Interview
Kalau anda menjadi bos, suka atau tidak melihat calon karyawan anda loyo dan tidak semangat? Pastinya tidak. Begitu juga dengan calon bos anda. Interviewer tidak akan suka kalau anda tampak lesu dan kurang bersemangat. Karena itu, tampillah dengan percaya diri dan terlihat antusias mengikuti wawancara kerja.

Nah itulah 4 yang harus dilakukan agar lulus dalam tes interview. Semoga membantu

#Tags

Tidak ada komentar untuk *Lakukan 4 Hal Ini Agar Tes Interview Anda Berjalan Sukses!

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas dan jangan buang waktu anda hanya untuk membuat komentar SPAM disini.