Apa Itu Bisnis MLM atau Multi Level Marketing?

Apa Itu Bisnis MLM atau Multi Level Marketing?
Apa Itu Bisnis MLM atau Multi Level Marketing? - Sekarang ini sangat banyak model usaha yang dijalankan oleh masyarakat pada umumnya atau entrepreneur pebisnis pada khususnya. Mereka senantiasa mencari kiat dan strategi baru untuk memuluskan usahanya, anda pasti tidak asing lagi dengan Multi Level Marketing atau yang lebih dikenal dengan singkatan MLM.

Model usaha MLM ini cukup menarik perhatian masyarakat, karena MLM juga terbukti mampu membantu meningkatkan perekonomian sebagian orang yang menekuninya.

Sesungguhnya apa sih multi level marketing itu ?

Menurut Wikipedia, Multi level marketing adalah sistem penjualan berkelompok melalui keanggotaan yang membentuk tim pemasaran secara bertingkat. Sistem MLM ini lebih mengutamakan kebersamaan dalam mencapai tingkat omset penjualan perusahaan.

Seorang anggota yang dapat memimpin timnya dalam memasarkan produk perusahaan akan diberikan komisi atau bonus sesuai dengan sistem yang berlaku di masing-masing perusahaan MLM.
Seseorang yang memimpin ini biasa disebut dengan upline ( Leader) untuk posisi di atas dan downline untuk posisi anggota dibawahnya.

Baca: Agar Tidak Tertipu Bisnis MLM, Ikuti Tips ini

Sistem penjualan ini sekarang banyak diaplikasikan pada banyak jenis produk, contohnya obat obatan, kosmetik, pelumas mesin, pulsa dan lain-lainnya. Di dalam sistem MLM, downline diharuskan untuk berupaya membangun downline-downline selanjutnya untuk memperluas jaringan MLM yang mereka jalani.

Didalam usaha ini sudah pasti seluruh orang bisa memulainya asalkan ada kemauan dan kerja keras, dikarenakan bisnis MLM ini untuk memulainya biasanya tidak memerlukan modal yang cukup besar, tetapi model usaha ini kita barangkali cuma mengeluarkan sedikit modal yang biasanya adalah biaya pendaftaran untuk bergabung dalam anggota jaringan pemasaran MLM tersebut.

Di bawah ini saya berikan sedikit tips dalam memilih bisnis MLM yang baik, sehingga Anda bisa terhindar dari orang-orang atau bisnis MLM yang tidak bertanggung jawab:

#1. Pilih MLM yang fokus pada produk sejenis namun memiliki varian produk yaitu semisal bisnis MLM yang berfokus pada kosmetik namun memiliki varian produk kosmetik untuk kulit, wajah, bagian intim, untuk wanita maupun pria agar Anda lebih mudah memasarkan produk serta mengembangkan bisnis MLM ini.

#2. Pastikan produk MLM tersebut adalah produk yang berkualitas, paten dan memiliki kredibilitas tinggi di mata konsumen serta sudah dipercaya sejak lama oleh konsumen dan yang terpenting adalah produknya selalu dibutuhkan oleh konsumen secara terus menerus seperti kosmetik atau obat-obatan.

#3. Pilih perusahaan MLM yang cukup bonafid yaitu yang memiliki distributor-distributor sukses yang bisa dipertanggung jawabkan serta perusahaan tersebut sudah dikenal oleh masyarakat luas.

Apakah anda tertarik untuk menjalankan  bisnis MLM ?

Sebelum memulainya, pastikan anda ikuti tips yang sudah yang sudah saya jelaskan di atas untuk memastikan supaya Anda tidak terjebak atau tertipu oleh perusahaan-perusahaan MLM abal-abal yang tidak bertanggung jawab serta sudah pasti bisa merugikan anda.

Baca: Agar Tidak Tertipu Bisnis MLM, Ikuti Tips ini

Anda tidak perlu khawatir untuk mengawali bisnis ini karena anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal, serta banyak pilihan bisnis MLM yang bisa anda pilih sekarang ini di Indonesia.

Ingat berhati-hatilah dalam memilih model perusahaan MLM yang ingin anda ikuti dan jalankan karena terus terang tidak semuanya perusahaan MLM itu berkualitas.

#Tags

Tidak ada komentar untuk *Apa Itu Bisnis MLM atau Multi Level Marketing?!

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas dan jangan buang waktu anda hanya untuk membuat komentar SPAM disini.