5 Jenis Desainer yang Populer di Dunia Digital Kreatif

5 Jenis Desainer yang Populer di Dunia Digital Kreatif

5 Jenis Desainer yang Populer di Dunia Digital Kreatif - Halo, sobat blog. Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi tentang jenis desainer yang ada di dunia digital kreatif. Perlu sobat ketahui sebelumnya, dunia digital kreatif ini sangat luas sehingga berbagai jenis desainer yang ahli di bidangnya pun sangat beragam dan memiliki jenis tanggung jawab yang berbeda-beda pula.

Baiklah langsung saja, untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

1. Graphic Designer

Jenis desainer yang satu ini mungkin sangat familiar bagi sebagian besar pengguna yang aktif di dunia internet, khususnya bagi kamu yang bergelut didunia kreatif. Seorang desainer grafis memiliki tugas untuk membuat konsep dan ide dan direalisasikan ke dalam bentuk logo, kemasan, iklan dan sebagainya. Untuk merealisasikannya ke dalam bentuk di atas, seorang desainer grafis akan menggunakan tipografi, bidang geometris dan non-geometris, warna, foto, dan berbagai elemen desain lainnya yang dapat digunakan. Mereka akan membutuhkan berbagai software desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan sebagainya.

2. Interactive / Website Designer

Sesuai dengan namanya, seorang desainer interaktif / website memiliki tugas untuk mendesain segala sesuatu yang berhubungan dengan media digital seperti website, mobile application, blog templates, ads banner untuk website, email marketing / newsletter, dan sebagainya. Seorang desainer interaktif / website juga akan membutuhkan software desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan sebagainya. Tidak hanya mendesain tampilan yang menarik, untuk mempermudah proses desain, mereka perlu memahami dasar-dasar bahasa programming seperti Javascript.

Tiap desainer interaktif / website juga memiliki spesialisasi di bidangnya masing-masing, seperti User Experience (UX) dan User Interface (UI). Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa mereka dapat kedua bidang tersebut sekaligus. Selain itu, adapula bidang yang merupakan spesialisasi seorang desainer interaktif / website seperti desain interaktif dan information architecture (IA).

3. Motion Graphic Designer

Nah, untuk desainer jenis ini, mereka memiliki tugas untuk membuat video, film, ilustrasi bergerak, dan berbagai hal lainnya yang berhubungan. Alur pekerjaan dari motion graphic designer adalah dengan membuat storyboard yang berisi segala elemen yang akan digunakan untuk karya desain mereka. Biasanya, storyboard ini akan dibuat berdasarkan script yang telah dituliskan. Dari script dan storyboard yang dibuat, seorang motion graphic designer akan merangkainya menjadi sebuah video, film, dan sebagainya, dengan memberikan elemen-elemen grafis dan non-grafis sesuai kebutuhan, seperti musik dan pengisi suara.

4. Animator

Pernahkah kalian melihat film kartun animasi milik Disney dan Pixar? Untuk menghasilkan sebuah film kartun animasi, maka akan dibutuhkan sebuah tim yang berisi animator handal. Tugas seorang animator adalah membuat konsep, alur cerita, karakter dan dunia karakter menjadi kenyataan. Pekerjaan seorang animator sangat imajinatif. Untuk menjadi salah satu dari mereka, tentu akan dibutuhkan kemampuan menggambar yang baik dan imajinasi yang tinggi. Tidak hanya membuat film kartun animasi, seorang animator juga dapat menghasilkan karya seperti video game dan film dengan spesial efek.

5. Fotografer

Fotografe juga termasuk salah satu desainer? Tentu saja. Seorang fotografer juga dituntut untuk memiliki kreatifitas dan imajinasi yang tinggi untuk menciptakan karya foto yang indah. Selain itu, mereka juga akan membutuhkan kemampuan di bidang fotografi dan keahlian editing foto dengan software desain untuk mendukung pekerjaan ini.

Bagaimana sobat, menarik bukan menjadi seorang desainer? Lalu sobat ingin jadi desainer yang mana?
5 Jenis Desainer yang Populer di Dunia Digital Kreatif 5 Jenis Desainer yang Populer di Dunia Digital Kreatif Reviewed by Mgs Rama Dony on 5:25 AM Rating: 5

No comments:

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas.
1. Jangan tinggalkan link akitf
2. Jangan gunakan kata kotor, spam, sara, atau provokasi lain
3. Gunakanlah form komentar dengan baik dan bijak

Powered by Blogger.