Resep Makanan Pempek Palembang Asli Enak Banget

Resep Makanan Pempek Palembang Asli Enak Banget

Resep Makanan Pempek Palembang Asli Enak Banget - Halo, apa kabar sobat blogger? Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi resep dan memperkenalkan sebuah makanan khas dari kota Palembang, kota tempat tinggal saya sekarang.

Bila boleh bercerita, selain terkenal dengan Jembatan Ampera ( Amanat Penderitaan Rakyat ), kota Palembang juga memiliki makanan khas Palembang yang bernama Pempek dan Tekwan. Pempek atau yang akrab disebut Empek Empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu.

Makanan pempek ini bisa anda temui diseluruh wilayah Sumatra Selatan, sebab saat ini sudah banyak pedagang pempek dan tekwan diwarung kecil pinggir jalan. Jadi, jika anda berkunjung ke kota Palembang jangan lupa untuk mencicipi makanan khas dari kota saya ya! :)

Penyajian pempek sendiri umumnya ditemani dengan saus berwarna hitam ke coklat-coklatan yang disebut cuka, atau biasa disebut oleh orang palembang adalah cuko. Cuko dibuat dari air yang di didihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi, dan cabe rawit yang dihaluskan, serta bawang putih dan garam.

Baiklah langsung saja bagi anda yang gemar kuliner khas Palembang yang satu ini. Anda bisa mencoba membuatnya sendiri dirumah dengan Resep Makanan Pempek Palembang Asli Enak Banget yang akan saya berikan khusus untuk anda, silahkan disimak terus resep berikut ini.

Resep Makanan Pempek Palembang Asli Enak Banget


Bahan Pempek Palembang:

  • 1 kg ikan belida yang sudah digiling. Bisa diganti dengan ikan tenggiri atau ikan gabus.
  • 1,5 kg tepung sagu kualitas baik
  • 1 bungkus bumbu penyedap
  • 1 gelas air es matang
  • garam secukupnya

Cara Membuat Pempek Palembang:

  1. Pertama, siapkan air yang direbus dengan ditambah 2 sendok makan minyak goreng.
  2. Lalu campurkan ikan yang sudah digiling tadi dengan air es. Tambahkan garam dan bumbu penyedap. Aduk sampai tercampur dengan rata.
  3. Tambahkan tepung sagu secukupnya ke dalam adonan yang telah tercampur dengan rata tadi. Aduk hingga adonan menjadi kental dan bisa diuleni dan tidak lengket. Banyaknya sagu yang dimasukkan tergantung dari tingkat kekenyalan yang diinginkan. Supaya rasa ikan lebih terasa, jangan terlalu banyak memasukkan sagu ke adonan.
  4. Untuk membentuk adonannya, tangan dilumuri sedikit tepung supaya tidak lengket. Lalu bentuk adonan sesuai dengan selera. Bisa dibuat bentuk lonjong atau diisi dengan telur.
  5. Setelah itu rebus adonan yang sudah dibentuk tadi ke dalam air yang direbus dengan minyak goreng. Rebus sampai adonan mengapung. Angkat, dan tiriskan.

Bahan Cuka Pempek Palembang:

  • 250 gram gula aren
  • 50 gram air asam jawa
  • 200 gram bawang putih, kupas dan dicincang halus
  • 2 sendok makan ebi, haluskan
  • 1 liter air minum
  • 15 biji cabai rawit yang sudah dihaluskan
  • garam secukupnya

Cara Membuat Cuka Pempek Palembang:

  1. Campur gula aren dan juga air asam jawa ke dalam air. Lalu rebus sampai mendidih.
  2. Campur bawang putih, ebi, cabai rawit yang sudah dihaluskan, dan juga garam secukupnya ke dalam rebusan gula aren dan asam jawa. Rebus sampai mendidih.
  3. Setelah mendidih, angkat dan tiriskan.

Nah, Itulah Resep Makanan Pempek Palembang Asli Enak Banget yang bisa anda coba. Meskipun mungkin agak sedikit ribet, tapi gampang koq membuatnya dan bahannya pun mudah didapat dipasar.

Tingkat kepedasan tergantung dengan selera. Jika anda ingin lebih pedas, bisa ditambahkan lagi cabai rawitnya. Untuk penyajiannya, Pempek Palembang yang sudah dipotong-potong sesuai selera, sajikan di piring dan siram dengan cuka Pempeknya. Anda juga bisa menambahkan potongan ketimun dan mie kuning sesuai selera juga. Pempek Palembang ini lebih sedapt disantap saat masih hangat.

Buat teman-teman blogger dan pembaca sekalian, selamat mencobat Resep Makanan Pempek Palembang Asli Enak Banget. Semoga resep ini dapat bermanfaat untuk anda semua, sampai jumpa.

*Mohon maaf jika terdapat kesalahan.

#Tags

Tidak ada komentar untuk *Resep Makanan Pempek Palembang Asli Enak Banget!

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas dan jangan buang waktu anda hanya untuk membuat komentar SPAM disini.