Kenapa Domain Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id

Kenapa Domain Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id
Kenapa Domain Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id - Udah lama saya tidak terkoneksi dengan internet dan menulis artikel diblog saya ini, pas kemarin saya mau menulis dan posting artikel tentang "Beberapa Manfaat Dalam Ngeblog" tibe2 saya dikagetkan dengan berubahnya custom domain *.blogspo.com saya menjadi *.blogspot.co.id.

Saya sempat kaget dan benar2 tidak tahu apa yang sedang terjadi dengan blog saya ini, awalnya saya berusaha mencari penyebab mengapa URL blog saya melakukan redirect secara otomatis menuju ke *.blogspot.co.id, semua widget dan tag HTML saya lihat satu-persatu tapi saya tidak menemukan kejanggalan akan hal yang menyebabkan hal tersebut.

Akhirnya saya mulai bertanya, Apakah hanya blog saya yang meredirect ke domain .co.id atau seluruh blog dengan domain blogspot, saya mulai mencari info mengenai hal ini, akhirnya saya menemukan jawaban atas kebingungan saya mengenai hal tersebut.

Adanya rencana perubahan dari blogspot.com menjadi blogspot.co.id isu ini sebenarnya sudah merebak sejak tahun 2012 lalu, dan pengalihan url blogspot.com sebenarnya sudah di berlakukan untuk beberapa negara, misal blogspot.com untuk negara Amerika, blogspot.de untuk German, dll. Namun untuk negara Indonesia sepertinya baru diberlakukan beberapa hari yang lalu dari blogspor.com beralih menjadi.co.id, tujuan pengalihan domain dari .com menjadi co.id menurut google adalah untuk mengontrol kebijakan bahwa blog tidak boleh melanggar kebijakan suatu negara, jika blogspot melanggar kebijakan suatu negara maka domain blogspot untuk negara tersebut akan dihapus, atau bisa diartikan hanya untuk domain negara tersebut.

Diberlakukannya domain blogspot untuk setiap negara membuat satu akun blogspot akan memilki domain yang berbeda-beda tergantung negara yang melakukan akses terhadap halaman blogspot tersebut. Jika di indonesia maka akan menjadi blogspot.co.id, jika diakses di amerika menjadi blogspot.com, jika diakses dari jepang maka akan menjadi blogspot.jp, dan sebagainya. hal ini untuk mengantisipasi ketika domain blogspot yang kita miliki dianggap tidak sesuai dengan kebijakan negara tersebut maka doman blogspot untuk negara tersebut akan dihapus.

Lalu Apa Dampak Pengalihan Domain ini?
Adanya pengalihan domain dari blogspot.dom menjadi blogspot.co.id untuk indonesia tentu saja menyebabkan beberapa masalah kecil yang perlu sedikit perhatian, beberapa masalah yang ditimbulkan dari dampak pengalihan domain ini diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tidak Tampilnya Iklan Google Adsense
Khusus untuk blog publisher google adsense, iklan google adsense tidak akan tampil, karena domain dialihkan menjadi .co.id, sehingga domain akan dianggap baru dan perlu penyesuaian, apa yang harus kita lakukan adalah menunggu 2x24 jam sehingga iklan bisa tampil, dan jangan lupa untuk melakukan klaim alamat blog yang berakhiran.co.id sehingga klik terhadap iklan pada domain tersebut akan diakui. Untuk memastikan iklan google adsense tampil pada blog anda, anda bisa coba mengakses blog anda dengan perintah URL_BLOG_ANDA.blogspot.com/ncr

2. Alexa Rank Membengkak
Pengalihan domain dari blogspot.com ke blogspor.co.id secara otomatis mempengaruhi nilai alexa rank, karena dianggap domain baru nilai alexa rank menyesuaikan kembali, sama halnya seperti blog yang masih berusia muda.

3. Apakah akan Terjadi Duplikat Conten?
Diberlakukannya perbedaan domain blogspot di setiap negara akan menimbulkan jumlah domain yang bermacam-macam namun masih menuju halaman yang sama, jika dihubungkan dengan SEO tentu bisa menjadi duplicat content, namun sepertinya ini masih menjadi perdebatan, dan belum ada kepastian, kemungkinan besar google memiliki solusi tersendiri sehingga meskipun domain banyak tidak lantas dianggap duplikat konten, semoga saja seperti itu.

Kenapa Domain Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id

Bagaimana cara mencegah redirect Otomatis ke *.blogspot.co.id?
Sebenarnya beberapa bulan yang lalu saya juga pernah membahas hal yang hampir sama mengenai hal ini, yaitu mengenai cara meredirect domain country blogspot, yang masalahnya sama dengan hal yang sedang kita bahas kali ini. Jadi, untuk hal cara melakukan pencegahan redirect otomatis dari domain *.blogspot.com ke *.blogspot.co.id. Namun, bagi anda yang belum mengetahui caranya bisa cek dan membaca postingan saya sebelumnya mengenai "Cara Menghentikan URL Redirection Negara Tertentu di Blogger"

Baca Juga: Cara Menghentikan URL Redirection Negara Tertentu di Blogger

Apakah Redirect Seperti diatas Tidak akan berdampak buruk untuk blog dan Adsense?
Salah satu kemungkinan buruk melakukan redirect adalah berpotensi melanggar pedoman google webmaster guideline, namun kita harus bisa melihat dulu apakah teknik diatas dianggap melanggar atau tidak ?,

Google pernah memaparkan masalah redirect terutama redirect yang dapat memicu penalty dan menyalahi pedoman google webmaster atau lebih dikenal dengan sneaky redirect (redirect untuk tujuan licik).

Seperti apa sneaky redirect itu?
Tindakan redirect akan dianggap sneaky redirect (sangat tidak dianjurkan) jika tujuan redirect untuk mengelabui pengunjung dan mesin pencari.

Salah satu contohnya adalah melakukan redirect ke halaman url blog berbeda yang menyajikan konten yang berbeda dan tidak relevan sama sekali, dengan tujuan untuk mengelabui atau menipu pengunjung dan juga mesin pencari, jika anda melakukan redirect semacam itu maka sudah dipastikan bisa memicu penalty google.

Lantas bagaimana dengan teknik redirect untuk mencegah domain.co.id diatas, apakah bisa memicu penalty, untuk masalah ini memang google tidak memberikan penjelasannya secara detail dan spesifik namun bisa kita lihat bahwa redirect semacam ini bukan ditujukan untuk mengelabui pengunjung dan pengunjung masih tetap bisa disuguhkan dengan halaman yang sama dan relevan, redirect semacam ini sama halnya dengan redirect custom domain yang diperbolehkan.

Beberapa redirect yang diperbolehkan diantaranya sebagai berikut:
  1. Melakukan redirect ke halaman utama setelah login
  2. Melakukan redirect jika tidak memiliki akses ke server utama (jika server sedang down)
  3. Melakukan redirect ketika melakukan custom domain.
Apakah dampaknya untuk adsense?
Salah satu kenapa harus mencegah redirect country domain (co.id) adalah untuk publisher adsense yang masih memiliki akun google adsense hosted, iklan adsense belum bisa tampil, entah sampai kapan, jika dibiarkan tentu saja akan mengurangi pendapatan adsense yang akan di peroleh, beberapa alternatif agar iklan adsense bisa tampil di domain blogspot.co.id adalah mengupgrade akun adsense hingga menjadi akun adsense non-hosted (tentu perlu waktu) atau mencegah redirect ke country domain, sehingga ketika blog diakses tetap menggunakan domain blogspot.com.

Apa dampaknya jika melakukan redirect country domain (blogspot.co.id) ke blogspot.com, apakah ada masalah untuk adsense?

Saya sendiri belum menemukan penjelasan dari pihak google secara spesifik, namun ada banyak sekali yang menyajikan artikel tentang cara melakukan pencegahan redirect country domain dan juga banyak sekali ditemukan artikel testimoni terutama dari blogger india, yang menganjurkan untuk mencegah redirect country domain, mereka menyebutkan bahwa adsense akan berjalan normal dan nilai CPC adsense berjalan seperti biasa.

Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan pada kesempatan kali ini mengenai Kenapa Domain Blogspot.com menjadi Blogspot.co.id, Jika anda memiliki pendapat dan memiliki referensi yang tepat mengenai pencegahan pengalihan country domain terutama dampak postif maupun negatif, silahkan berbagi. Semoga artikel sederhana ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, jika terdapat kesalahan saya mohon maaf. Sampai jumpa!

Referensi: http://strukturkode.blogspot.co.id/
Kenapa Domain Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id Kenapa Domain Blogspot.com Menjadi Blogspot.co.id Reviewed by Mgs Rama Dony on 4:30 AM Rating: 5

1 comment:

  1. sebenernya udah lama tau tapi kirain gak terlalu penting si, karena kan otomatis redirect itu karena di host berdasarkan countri/negara

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas.
1. Jangan tinggalkan link akitf
2. Jangan gunakan kata kotor, spam, sara, atau provokasi lain
3. Gunakanlah form komentar dengan baik dan bijak

Powered by Blogger.