Bagaimanakah aksimu untuk menyelamatkan air tanah Jakarta?

Bagaimanakah aksimu untuk menyelamatkan air tanah Jakarta?

Bagaimanakah aksimu untuk menyelamatkan air tanah Jakarta? | Jakarta merupakan sebuah ibu kota negara Indonesia, dimana semua roda ekonomi berjalan dan berkembang disana. Tapi, menurut pendapat saya, dijadikannya sebuah kota sebagai ibu kota suatu negara memiliki dampak positif dan negatif bagi kota itu sendiri, dan tak terkecuali pada kota Jakarta.

            Dengan Predikat sebagai ibu kota, kini Jakarta merupakan salah satu kota dengan penduduk terpadat di Indonesia. Dimana banyak orang yang berbondong-bondong ingin merasakan tinggal di ibu kota atau bahkan bagi mereka yang berasal dari berbagi pelosok desa yang berusaha mengadu peruntungan mereka dengan mencari pekerjaan di Jakarta.

            Karna faktor itulah, banyak sekali masalah yang dapat ditimbulkan dari kepadatan penduduk dikota Jakarta, seperti masalah sosial, ekonomi, hukum dan sebagainya. Ditambah lagi dengan berbagai masalah pribadi manusia itu sendiri, dimana kebiasaan hidup menusia yang tidak merasa telah bersifat konsumtif dalam berbagai hal.

Mengetahui lebih jauh masalah Jakarta
  1. Kepadatan penduduk, hingga membengkaknya sampah dilingkungan
  2. Menyempitnya lahan, menyebabkan kurangnya area untuk sumber air
  3. Kurangnya lingkungan hijau, menyebabkan berbagai bencana
  4. Meledaknya kendaraan, membuat polusi dimana-mana
  5. Predikat sebagai ibu kota, Jakarta menjadi kambing hitam bagi kemakmuran ekonomi

Memahami lebih jauh masalah Jakarta

1. Kepadatan penduduk, hingga membengkaknya sampah dilingkungan
            Membludaknya jumlah penduduk di kota jakarta saat ini, membuat banyak hal ikut terpengaruh dan salah satu nya adalah masalah kebersihan lingkungan. Dimana seiring dengan modern nya kehidupan manusia kini, dan sifat konsumtif akan sesuatu membuat sampah menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari kota Jakarta saat ini.

Kebiasaan buruk manusia yang sering membuang sampah tidak pada tempatnya, ditambah lagi dengan kurangnya lahan untuk TPA (Tempat Pembuangan Akhir) membuat sampah semakin hari semakin membengkak membuat kurangnya kerapihan akan ibu kota Jakarta.

2. Menyempitnya lahan, menyebabkan kurangnya area untuk sumber air
            Banyaknya jumlah penduduk artinya menyempitnya lahan bebas, hal ini yang jarang diperhatikan oleh pihak pemerintah Jakarta. Dimana dengan kurangnya lahan sebagai tempat sumber air bersih, justru membuat masalah baru dimana sulitnya mendapatkan air yang bersih untuk kehidupan sehari-hari.

3. Kurangnya lingkungan hijau, menyebabkan bencana banjir
            Masalah lain yang sering muncul di kota Jakarta terlebih jika musim penghujan yaitu bencana banjir. Tetapi, meski masyarakat sudah mengetahui jika bencana tersebut akan datang setiap musin penghujan, masyarakat tetap tidak melakukan penanganan akan hal ini.

Apalagi masyarakat tetap sering membuang sampah dialiran sungai dan tidak berusaha untuk membuat lingkungan serapan air atau lahan hijau bahkan parahnya lagi tidak sedikit masyarakat yang membangun pemukiman ditepi sungai yang dapat menghalangi aliran sungai.

            Mungkin masih banyak lagi masalah yang terdapat dikota Jakarta, tetapi setiap masalah pasti memiliki jalan keluarnya. Dan jalan keluar yang mungkin dapat saya dan kita lakukan untuk mengatasi masalah dan menyelamatkan air tanah Jakarta, dapat diuraikan dan dapat kita lakukan seperti berikut:

Aksi yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan Air Tanah Jakarta
            Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menyelamatkan air tanah Jakarta, karna sebenarnya masalah yang timbul dikota Jakarta merupakan dari dampak kegiatan manusi itu sendiri.
Untuk dapat menyelamatkan Air Tanah Jakarta, kita dapat membagi dua pokok usaha yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan impian tersebut.

1. Melakukan Tindakan Pasif berupa Rencana
Pepatah mengatakan: "Segala sesuatu itu harus diawali dari niat". Untuk itu usaha yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan air tanah Jakarta dari berbagai masalah yang ada, bisa kita rencanakan berbagai penanggulangan masalah tersebut, seperti:
  • Memberikan pengertian akan pentingnya menjaga kebersihan
  • Memberikan dan menanamkan sikap membuang sampah pada tempatnya
  • Berusaha menyediakan lahan akan sumber air bersih
  • Menyadarkan masyarakat akan pentingnya lingkungan hijau
  • Menjaga dan bersiaga akan bencana yang sewaktu-waktu akan terjadi
   
2. Melakukan Tindakan Aktif dan Aksi Nyata
            Untuk mewujudkan sebuah impian memang tidak cukup dengan untaian kata-kata dan rencana saja, tetapi diperlukan sebuah aksi nyata. Dimana aksi nyata ini dapat membuat perubahan pada masalah yang ada. Selain itu juga, sebuah aksi nyata yang positif dapat menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk melakukan hal yang sama untuk menyelamatkan Air Tanah Jakarta, seperti:

            1. Aksi nyata yang bisa saya dan kita lakukan untuk mengatasi masalah sampah, yaitu dengan membuang sampah pada tempatnya dan berusaha menjaga kebersihan lingkungan dengan membuat TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang cukup bagi jumlah masyarakat yang ada.

            2. Aksi nyata lainnya untuk mengatasi masalah sumber air bersih yang semakin minim di Jakarta, yaitu berusaha mendirikan PAM (Perusahaan Air Minum) secara mandiri atau kelompok, Seperti PT. Aetra Air Jakarta. Dimana Aetra merupakan penyedia jasa air bersih yang cukup terpercaya dan layak untuk digunakan sehari-hari.

            Aetra juga Menggunakan air bersih perpipaan sebagai usaha untuk mengalirkan air bersih kepada para masyarakat, yang memudahkan bagi masyarakat untuk menggunakan air bersih dan sehat.

            3. Aksi nyata yang terakhir untuk mengatasi masalah bencana yang sering terjadi dikota Jakarta, yaitu dengan memahami apa penyebab bencana itu dapat terjadi dan selanjutnya mengurangi dan menanggulangi bencana yang akan datang berikutnya.

Umumnya bencana yang sering terjadi di Jakarta yaitu bancana banjir, dan aksi nyata yang bisa saya dan kita lakukan untuk mengatasi masalah banjir ini yaitu dengan tidak membuang sampah ke aliran sungai, yang membuat aliran sungai menjadi terhambat.

            Selain itu juga, membangun dan melestarikan lingkungan yang hijau dan ditanami banyak pepohonan merupakan cara lain untuk mengatasi masalah banjir ini dimana lingkungan yang hijau akan menambah daya resapan air ketika hujan turun.

            Demikianlah Aksi Nyata yang dapat saya dan kita lakukan untuk menyelamatkan Air Tanah Jakarta. Walau masih banyak masalah dan aksi nyata lainnya yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah di Jakarta, tetapi jika kurangnya kesadaran dari diri kita masing-masing akan masalah yang ditimbulkan dari kegiatan kita, maka akan sulit semua itu akan terwujud.

Oleh karna itu inilah aksiku!
lalu Bagaimanakah aksimu untuk menyelamatkan air tanah Jakarta?
Bagaimanakah aksimu untuk menyelamatkan air tanah Jakarta? Bagaimanakah aksimu untuk menyelamatkan air tanah Jakarta? Reviewed by Mgs Rama Dony on 4:05 AM Rating: 5

No comments:

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas.
1. Jangan tinggalkan link akitf
2. Jangan gunakan kata kotor, spam, sara, atau provokasi lain
3. Gunakanlah form komentar dengan baik dan bijak

Powered by Blogger.