Cara Mengatasi Blog Terdeteksi Phising atau Malware Oleh Google

Cara Mengatasi Blog Terdeteksi Phising atau Malware Oleh Google

Cara Mengatasi Blog Terdeteksi Phising atau Malware Oleh Google - Pernah melihat warning seperti pada gambar diatas? Apa justru situs blog kalian yang pernah mengalaminya? Pada gambar tersebut menunjukkan bahwa situs yang akan kita akses mengandung Malware atau Phising yang berbahaya bagi komputer kita. Saya sendiri pernah mengalami hal semacam ini, dimana malware atau phising terdeteksi menyerang situs blog yang saat ini saya kelola. Namun alhamdulilah dengan cara penanganan yang benar, kini blog saya sudah terbebas dari Malware yang terdeteksi oleh Google.

Nah, oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan membahas masalah situs blog yang terdeteksi mengandung malware atau phising oleh google. Namun sebelum kita membahas lebih jauh tentang Cara Mengatasi Blog Terdeteksi Phising atau Malware Oleh Google, ada baiknya kita ketahui dulu apa sebenarnya malware itu? Untuk lebih jelasnya, silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Apa itu Malware?

Malware adalah perangkat perusak yang berasal dari kata malicious dan Software adalah perangkat lunak yang diciptakan untuk menyusup atau merusak sistem komputer, peladen atau jejaring komputer tanpa izin dari pemiliknya. Istilah ini adalah istilah umum yang dipakai oleh pakar komputer untuk mengartikan berbagai macam perangkat lunak atau kode perangkat lunak yang menggangu atau merusak.

Sedangkan istilah "virus computer" terkadang dipakai sebagai frasa pemikat (catch phrase) untuk mencakup semua jenis perangkat perusak, termasuk virus murni (true virus). Perangkat lunak dianggap sebagai perangkat perusak berdasarkan maksud yang terlihat dari pencipta dan bukan berdasarkan ciri-ciri tertentu. Perangkat perusak mencakup virus komputer, cacing komputer, kuda Troya (Trojan horse), kebanyakan kit-akar (rootkit), perangkat pengintai (spyware), perangkat iklan (adware) yang takjujur, perangkat jahat (crimeware) dan perangkat lunak lainnya yang berniat jahat dan tidak diinginkan.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengunjungi situs Wikipedia.

Lalu apa penyebab Malware?

Virus yang mencuri password FTP yang tersimpan, seperti virus "Gumblar" atau "Trojan.PWS.Tupai.A" virus. Ketika Anda mengunjungi situs yang terinfeksi, maka PC Anda juga terinfeksi. Komputer anda yang terinfeksi mungkin akan melakukan komunikasi dengan komputer lainnya. dengan demikian Spyware menonaktifkan akses FTP, mengirimkan informasi ke internet. Password dan username anda kemudian digunakan untuk hack situs Anda sendiri dengan penambahan script untuk file web Anda. Situs Anda kemudian menjadi situs malware dan menyebarkan malware lebih lanjut. Bahkan mungkin diblacklist oleh Google dan situs lainnya.

Kejadian paling sering terjadi ketika anda mengunjungi situs porno, iklan, warez, dan lainya yang berbahaya. Warnet atau komputer yang digunakan banyak orang paling sering menjadi tempat mangkalnya virus ini.

Cara mengenali penyebab situs blog terkena Malware?

Pada awal-awal blog saya terdeteksi mengandung malware atau phising, jujur saja saya sangat kebingungan cara mengatasi hal tersebut. Apalagi hal semacam ini, baru pertama kali saya alami selama saya ngeblog hampir 4 tahun. Setiap kali saya hendak membuka halaman blog saya, pasti Google memberikan peringatan bahwa halaman yang akan saya buka mengandung malware dan mungkin berbahaya bagi komputer saya.

Cara Mengatasi Blog Terdeteksi Phising atau Malware Oleh Google

Jujur saja hal ini sangat membuat saya bingung, ditambah lagi dengan masalah lain yang ditimbulkan yaitu menurunnya traffik blog secara drastis. Hal ini semakin membuat saya harus berfikir lebih keras lagi, tentang bagaimana cara mengatasi blog yang terdeteksi malware oleh Google agar bisa memulihkan blog saya seperti sedia kala lagi.

Setelah saya berfikir dan hampir menyerah, saya mulai mengingat kembali hal apa saja yang saya lakukan akhir-akhir ini pada blog saya hingga blog saya ini terdeteksi malware oleh Google. Setelah saya mengecek ulang script template di blog saya, saya baru tersadar jika saya baru saja menambahkan script adsense milik salah satu situs advertising yang baru saya ikuti.

Lalu saya coba melepas script adsense tersebut dan meminta peninjauan ulang blog saya dengan Google, ternyata benar script adsense itulah yang membuat situs blog saya terdeteksi mengandung malware atau phising oleh Google. Jujur saja saya sangat kecewa dengan situs advertising tersebut, meski sebenarnya bukan situs advertising itu yang mengandung malware akan tetapi landing page yang dituju oleh iklan yang tampil di blog saya. Namun tetap saja hal ini sangat merugikan saya.

Kejadian diatas tidak pernah saya sadari dan ketika google melakukan crawler ke blog saya akan menemukan script malware dari websites saya yang terinfeksi. Akibatnya google akan memblokir situs sehingga pengunjung akan disuguhi tampilan warning "Situs ini mungkin berbahaya bagi komputer Anda", selain itu Firefox yang menggunakan API dari stopbadware.org juga akan ikut-ikutan memblokirs blog kita. Google dan Firefox menggunakan teknologi dari stopbadware.org untuk mengantisipasi malware.

Cara memulihkan blog terdeteksi Phising atau Malware di Google?

  • Pertama kenali dulu penyebab blog kita terdeteksi malware oleh google
  • Hapus semua script yang mencurigakan termasuk script adsense dan sebagainya
  • Lalu minta lakukan peninjauan ulang ke pihak google, dengan membuka situs google
  • Ikuti langkah-langkahnya seperti pada gambar dibawah ini
Cara Mengatasi Blog Terdeteksi Phising atau Malware Oleh Google
Cara Mengatasi Blog Terdeteksi Phising atau Malware Oleh Google

  • Tunggu proses peninjauan ulang selama 24 jam
  • Lalu cek proses peninjauan telah berhasil atau belum, silahkan klik google webmaster
  • Jika sukses, maka akan ada peringatan sepertia pada gambar dibawah ini.
Cara Mengatasi Blog Terdeteksi Phising atau Malware Oleh Google

Bagaimana, mudah bukan? Jika memiliki pertanyaan silahkan ajukan dibawah ini ya!

#Tags

12 komentar untuk *Cara Mengatasi Blog Terdeteksi Phising atau Malware Oleh Google!

Baru tahu saya gan begitu cara cek malwarenya thx gan

Balas

nyimak gan mau ane terapin juga di blog ane

Balas

kemarin blog download sy juga kena malware warning sm gugel...untungnya skrng udh dibersihin, tp semua script kode iklan popcash kehapus :D
artikelnya nice info gan :)

Balas

maskasih sob infonya baru tahu saya

Balas

iya, gan bisa dicek kok jika blog kita terkena malware!

Balas

iya, silahkan gan!

Balas

iya, gan bener bgt!
emg kadang landing page yang dituju script iklan berbahaya untuk pengguna lain!

Balas

iya, semoga bisa bermanfaat ya!

Balas

Owalah bisa di fix toh, ane kira kola udah keetek gitu dah berabe blognya gan huhu, bermanfaat sekali, nice info (y)

Balas

iya gan, masih bisa diperbaiki kok blog yg udah terdeteksi oleh google sebagai malware!

semoga bermanfaat! :)

Balas

gan kok blog ane belum juga d baik ...udah 24 jam masih terkena marware sama phising katanya ....

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas dan jangan buang waktu anda hanya untuk membuat komentar SPAM disini.