5 Langkah yang Harus Dilakukan Setelah Ganti Domain Untuk Meningkatkan Traffik


5 Langkah yang Harus Dilakukan Setelah Ganti Domain Untuk Meningkatkan Traffik - Sebuah blog yang baik tentu adalah blog yang memiliki konten yang berkualitas dan juga di ikuti dengan traffik pengunjung yang tinggi. Kadang ketika kita baru memulai kegiatan blogging, kita selalu memulainya dengan menggunakan platform gratisan seperti blogger. Dan sangat jarang sekali blogger yang langsung mengganti domain blog gratisnya ke Top Level Domain ketika baru membuat sebuah blog baru.

Kadang kita selalu mengurus dan melakukan optimasi seo dan pagerank menggunakan domain blog gratisan yang hasilnya blog gratisan tersebut sudah memiliki traffik yang baik dari search engine. Namun tanpa kita sadari, secara lambat laun terfikir dalam benak kita untuk meng-upgrade domain gratis yang selama ini kita gunakan menjadi Top Level Domain, dan disinilah kadang terjadi kekecewaan seorang blogger, termasuk saya sendiri yang baru saja mengalaminya.

Kenapa saya merasa kecewa? Apa karna sudah mengganti domain gratis ke top level domain? Jujur saja, saya kecewa bukan karna saya sudah pindah domain ke top level domain. Justru bisa mengelola blog yang telah menggunakan top level domain merupakan salah satu keinginan saya sejak lama, selama saya melakukan kegiatan blogging ini.

Lalu karna apa? Kembali jujur saja, saya merasa kecewa dengan kesehatan blog yang saya kelola ini, yang baru beberapa hari pindah ke top level domain. Kesehatan apa yang saya maksud? Ya, kesehatan dari segi seo, traffik, backlink, dan berbagai hal pendukung lain seperti keberadaan blog saya disitus social bookmarking.

Semua hal tersebut hilang bersamaan dengan saya mengganti domain blog saya ini, dan satu hal yang sangat membuat saya kecewa adalah hilangnya traffik blog secara drastis. Nah, kadang kekecewaan sementara inilah yang memaksa kita harus berusaha dari awal lagi dalam mengembangkan blog kita dengan domain yang baru.

Bukan saya bermaksud untuk menak-nakuti sobat semua yang ingin pindah ke top level domain. Tapi yang harus kalian ketahui ketika kita pindah atau berganti domain, itu artinya kita harus memulai dari awal lagi untuk berjuang demi mendapatkan traffik. Karena ketika kita sudah berganti domain, maka traffik blog akan menurun secara drastis.

Nah, oleh karena itu, saya menyarankan bagi kalian yang berencana untuk mengganti domain blog kalian, maka lakukanlah sejak dini. Hal ini ditujukan ketika kita melakukan optimasi, maka blog yang kita optimasi adalah blog yang sebenarnya. Blog yang tidak akan berganti nama atau domain sedikitpun selama kita masih mengelola blog tersebut.

Baca Juga: 6 Tips Memilih Nama Domain yang Baik dan Bagus

Lalu bagaimana dengan kita yang sudah terlajur, seperti saya? Saya sendiri melakukan semua optimasi dan promosi dengan blog saya ini dari awal lagi. Saya kembali melakukan share manual di facebook, twitter, google+, dan berbagai situs social bookmarking dan group online lainnya untuk mendpatkan traffik dan sedikit backlink.

Nah, untuk lebih jelasnya. Bagi kalian juga yang baru saja mengganti domain blog kalian ke top level domain, ada baiknya jika kalian membaca 5 Langkah yang Harus Dilakukan Setelah Ganti Domain Untuk Meningkatkan Traffik pada blog kalian berikut ini berdasarkan pengalaman saya pada blog saya ini.

5 Langkah yang Harus Dilakukan Setelah Ganti Domain Untuk Meningkatkan Traffik


1. Mendaftarkan Blog di Google Webmaster Tools

Menurut saya, search engine google merupakan hal yang paling penting untuk kita lakukan optimasi pada blog dengan domain baru kita. Karena dengan search engine google kita bisa mendapatkan banyak traffik organik untuk blog kita. Oleh karena itu, untuk bisa mendapatkan banyak traffik dari search engine google, maka kita harus melakukan pendekatan pada search engine google tersbut.

Bagaimana caranya? Sebenarnya caranya sangat mudah, kita hanya perlu mendaftarkan domain blog baru kita di Google Webmaster Tools. Blogger sendiri sangat menyarankan bagi kita supaya mendaftarkan blog kita di Google Webmaster. Itu terbukti dengan blogger meletakkan link menuju google webmaster tools dibagian dashboard blog kita, hanya saja kadang kita kurang dalam memanfaatkannya.

Nah, oleh karen itu. Mulai saat ini, manfaatkanlah google webmaster tools untuk meningkatkan traffik blog dengan domain baru kita ini. Karena di google webmaster tools kita bisa melakukan submit sitemap blog dan submit link artikel blog kita untuk mempercepat proses indexs pada setiap postingan yang kita buat. Selain itu, dengan google webmaster tools kita juga bisa memantau bagaimana perkembangan blog kita kedepannya.

Untuk melakukan pendaftaran di google webmaster tools, silahkan kunjungi situs google search console.

2. Mendaftarkan Blog di Search Engine Lain

Hal yang pertama harus kita lakukan untuk meningkatkan traffik pada blog dengan domain baru yaitu dengan mendaftarkan blog yang kita kelola disemua jenis search engine. Tentu selain dengan mendaftarkan blog di search engine google, kita juga tidak boleh mengabaikan search engine yang lainnya. Apalagi saat ini sudah banyak search engine lain yang bisa kita manfaatkan untuk mendatangkan traffik untuk blog kita.

Selain dengan mendaftarkan blog disearch engine google, untuk mempercepat proses indexs kita juga harus mendaftarkan blog dengan domain baru kita diberbagai search engine lain. Memang pada umumnya url blog lama kita akan langsung teralihkan secara otomatis ke url blog baru kita, namun ada baiknya jika kita juga mendaftarkan blog baru kita terlebih dahulu.

Untuk hal ini, kita bisa mendaftarkan blog baru kita di search engine seperti: yandex, bing, yahoo atau sebagainya.

3. Mendaftarkan Blog di Google Analytic

Setelah kita mendaftarkan blog kita di google webmaster tools, biasanya kita juga akan disarankan untuk mendaftarkan blog kita di Google Analytics. Google Webmaster Tools dan Google Analytics memang dua webtools dari google search yang bisa kita manfaatkan untuk mengontrol, melakukan optimasi dan memantau perkembangan pada blog yang kita daftarkan.

Oleh karna itu, jika kita sudah mendaftarkan blog di google webmaster tools, ada baiknya jika kita juga harus mendaftarkan blog kita di Google Analytics untuk bisa mendapatkan pantauan yang akurat mengenai perkembangan blog kita. Untuk melakukan pendaftaran blog di Google Analytics, kita hanya perlu mengunjungi situs Google Analytics untuk mengikuti langkah pendaftarannya.

4. Mendaftarkan Blog ke Social Bookmarking

Jika kita sudah melakukan pendaftaran blog baru kita disemua search engine yang ada, maka langkah selanjutnya yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan traffik untuk blog dengan domain baru kita yaitu dengan mendaftarkan blog kita di berbagai situs social bookmarking. Dengan mendaftarkan blog kita disitus social bookmarking, kita bisa mendapatkan banyak pengunjung dari berbagai belahan dunia. Selain traffik, manfaat lain dengan mendaftarkan blog disitus social bookmarking yaitu kita juga bisa mendapatkan backlink yang berkualitas dari situs tersebut.

Namun setelah kita mendaftarkan blog kita disitus social bookmaring, jangan lupa untuk melakukan submit artikel kita juga situs social bookmarking tersebut. Selain itu, kita juga harus pintar dalam memilih social bookmarking yang baik dan memiliki pagerank tinggi. Saya sendiri sering menggunakan social baookmarking seperti: Delicious, Digg, Reddit, Dribble dan sebagainya. Namun untuk lebih lengkapnya, kalian bisa membaca artikel saya yang berjudul Daftar Website Social Bookmarking High Pagerank Terbaru.

5. Melakukan Promosi dan Blogwalking Blog Baru

Nah, jika semua langkah diatas sudah kita lakukan dengan baik dan benar, maka cara lain yang juga bisa kita gunakan untuk meningkatkan traffik blog setelah kita mengganti domain yaitu dengan menggunakan cara lama. Apa saja cara lama tersebut? Cara lama tersebut yaitu dengan melakukan promosi blog baru kita ke teman atau group disosial media kita, seperti facebook, twitter, google+ dan sebagainya. Menurut saya, cara semacam ini juga sangat efektif untuk mendatangkan traffik untuk blog dengan domain baru.

Selain itu, old method lain yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan traffik sekaligus backlink yaitu dengan melakukan blogwalking pada blog atau situs yang memiliki otoritas dan traffik yang baik juga. Hal ini ditujukan agar backlink yang kita dapatkan memiliki kualitas yang baik, sehingga bisa disukai google. Untuk melakukan blogwalking di facebook, kalian bisa bergabung dengan group Facebook Blogger Indonesia untuk melakukan blogwalking dan berinteraksi sesama blogger.

Nah, dengan melakukan 5 langkah diatas, saya yakin secara lambat laun traffik blog kalian akan meningkat seiring waktu. Selain itu, kalian juga bisa melakukan ping blog baru disitus ping yang ada di internet. Hal ini juga terbukti ampuh untuk meningkatkan keberadaan blog disearch engine.

Demikian ulasan saya kali ini tentang 5 Langkah yang Harus Dilakukan Setelah Ganti Domain Untuk Meningkatkan Traffik. Semoga dengan artikel yang saya buat ini, bisa membantu dan bermanfaat bagi kalian yang juga baru pindah ke top level domain, seperti saya ini. Jika kalian memiliki tips lain atau pertanyaan seputar artikel diatas, silahkan ajukan pertanyaan kalian dibawah ini. Sampai jumpa!
5 Langkah yang Harus Dilakukan Setelah Ganti Domain Untuk Meningkatkan Traffik 5 Langkah yang Harus Dilakukan Setelah Ganti Domain Untuk Meningkatkan Traffik Reviewed by Mgs Rama Dony on 3:02 AM Rating: 5

6 comments:

  1. nice info gan
    kebetulan ane baru ganti domain

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sama gan!
      semoga bisa bermanfaat ya!

      Delete
  2. wahhh,saya nyesel gan .__. beli domain di abal" maksudnya bukan seperti rumahweb,idwebhost,masterweb.. jadi ga bisa perpanjang domain .__.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemm, sayang bgt gan!

      saya sendiri beli domain di situs lokal, katanya sih bisa diperpanjang.. tapi tidak tahu kedepannya nanti.
      smga saja bisa!

      Delete
  3. kita punya masalah yg sama gan,, awal ganti domain malah link baru saya g bisa di akses,, itu semua bisa di otak atik di pengaturan dasbor

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, semua emg bisa dilakukan baik2..
      eheh,,

      Delete

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas.
1. Jangan tinggalkan link akitf
2. Jangan gunakan kata kotor, spam, sara, atau provokasi lain
3. Gunakanlah form komentar dengan baik dan bijak

Powered by Blogger.