Studentprenuer: 5 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menghasilkan

Studentprenuer: 5 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menghasilkan

Studentprenuer: 5 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menghasilkan - Apakah sobat seorang mahasiswa? Umumnya, mahasiswa adalah salah satu dari golongan terpelajar yang tak jarang menuntut ilmu sambil mencari uang dan tidak sedikit pula yang terpaksa mencari kerja diluar waktu belajar mereka agar tetap bisa menjalani studi dan membayar biaya hidup sehari-hari.

Jika kamu seorang mahasiswa atau pernah kuliah, beberapa di antara kalian pasti ada yang ingin mencari uang tambahan sendiri untuk membantu meringankan beban orang tua ataupun sekedar ingin belajar menghasilkan uang sendiri.

Baca Juga: 9 Cara Menghasilkan Uang Untuk Mahasiswa

Nah..
Untuk itu, bagi kamu yang ingin memiliki sumber penghasilan sendiri. Beberapa ide peluang bisnis berbentuk jasa berikut ini semoga dapat menjadi inspirasi baru untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan sendiri.

Berikut 5 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menghasilkan


#1. Jasa Menulis Artikel Blog

Jika kamu memiliki bakat dalam hal menulis, kamu dapat mulai menghasilkan uang dari tulisanmu. Usaha dalam bidang penulisan atau biasa disebut dengan Freelance Writing belum banyak yang menekuni walaupun bisnis ini sangat menjanjikan jika dapat dikelola dengan baik. Selain tidak membutuhkan modal, kamu juga tidak terikat dengan waktu. Jika kamu sudah memiliki blog peribadi yang berisi karya hasil tulisanmu sendiri, hal ini akan menjadi nilai plus tersendiri bagi kamu karena kamu hanya perlu mempromosikan karyamu ke media sosial. Beberapa website baik dari usaha besar hingga ke usaha kecil membutuhkan konten untuk mengisi website mereka. Nah, kamu dapat melihat peluang ini dengan menjadi penulis konten untuk website mereka.

#2. Jasa Potong Rambut

Gaya hidup masyarakat yang semakin berkembang menjadi salah satu faktor bertumbuhnya peluang bisnis baru. Salah satu yang kini sedang bersinar adalah bisnis jasa potong rambut khusus pria atau barbershop. Barbershop atau salon khusus pria ini sangat populer di kalangan anak muda karena mereka selalu menawarkan potongan rambut dengan gaya paling terkini dan terbaik. Memiliki bisnis ini akan membutuhkan skill atau keahlian untuk memenuhi keinginan serta kepuasan pelanggan. Jika kamu memiliki bakat dalam bidang ini, kamu dapat menjadikannya sebagai bisnis.

Tapi, disamping bakat, kamu juga harus berkomitmen untuk selalu mengikuti tren yang sedang diminati masyarakat. Misalnya gaya rambut apa yang sedang digemari anak muda saat ini. Jika kamu tinggal di area dekat kampus, kamu bisa memanfaatkan lokasi strategis ini dengan baik untuk berbisnis jasa salon khusus pria karena pasti banyak teman-teman kampusmu yang membutuhkannya. Apalagi bila kamu memberi harga murah untuk mereka. Dijamin bisnismu akan semakin ramai dan diminati.

#3. Jasa Desain

Jika kamu mahasiswa dari jurusan desain grafis, kamu dapat memanfaatka keahlian yang telah dipelajari sebagai modal untuk berbisnis online. Beberapa jenis pekerjaan dalam desain grafis yang bisa kamu jual secara online adalah jasa pembuatan logo, jasa pembuatan desain gambar kaos (t-shirt), banner iklan, pembuatan banner website, pembuatan background, pembuatan illustrasi, pembuatan grafis vektor dan sebagainya. Bahkan jika memungkinkan kamu bisa menawarkan jasa percetakan mulai dari brosur, banner, foto, kaos dan lain-lain. Sambil mendalami pelajaran di perkuliahan, kamu bisa membuka jasa design grafis dan dipromosikan secara online di media sosial.

#4. Jasa Bimbingan Belajar

Sebagai seorang mahasiswa, kamu bisa mengggunakan pengetahuan di pelajaran dasar seperti matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan sebagainya dengan menjadi guru privat untuk memberikan bimbingan belajar bagi murid SD hingga SMA. Jika kamu benar-benar berminat di bidang usaha ini, kamu bisa mengembangkannya dengan mengumpulkan teman-temanmu yang juga menguasai bidang pelajaran dasar untuk memberikan bimbingan belajar secara grup.

Tentunya, sebagai pemilik usaha, kamu harus tetap turun tangan agar dapat berjalan dengan baik. Untuk urusan promosi, kamu dapat bekerjasama dengan guru di sekolah-sekolah untuk membantu mempromosikan jasamu pada saat kenaikan kelas maupun secara online melalui akun media sosial pribadimu. Sangat mudah, bukan?

#5. Jasa Fotografi & Videografi

Usaha yang satu ini biasanya dikembangkan dari hobi memotret dan video yang dimiliki oleh sebagian anak muda saat ini. Bagi kamu yang memiliki selera yang baik dalam mengkomposiskan gambar atau adegan, kamu dapat menggunakan kemampuanmu ini menjadi seorang fotografer & videografer lepas (freelance) sebagai sebuah modal usaha berbisnis. Tapi, sebelum memulai bisnis ini, pastikan bahwa kamu memiliki pengetahuan yang cukup tentang dunia fotografi dan videografi. Sebagai alat promosi, gunakanlah akun media sosial pribadimu.

Baca Juga: 4 Bisnis Sampingan Untuk Anak Sekolahan

Nah, itulah beberapa ide bisnis yang bisa kamu pilih berdasarkan beberapa faktor yang tentunya disesuaikan dengan kriteria seorang mahasiswa. Misalnya kamu bisa memilih bisnis yang bisa dikerjakan tanpa membutuhkan modal, tenaga dan waktu yang banyak.

Memulai bisnis akan memberikan pengalaman yang luar biasa. Namun bagi kamu yang baru menjalankan bisnis ini, jangan sampai melupakan tugas utamamu sebagai seorang pelajar. Ingat tujuanmu memulai bisnis adalah untuk membina masa depan yang lebih baik. Jadilah disiplin dan atur waktumu dengan baik agar tetap bisa kuliah, berprestasi, dan bisnis tetap berjalan. Jadi sobat, apakah kamu sudah menemukan bakatmu sebagai modal untuk menjadi seorang STUDENTPRENEUR?

#Tags

Tidak ada komentar untuk *Studentprenuer: 5 Peluang Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menghasilkan!

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas dan jangan buang waktu anda hanya untuk membuat komentar SPAM disini.