3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mendesain Website

3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mendesain Website

3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mendesain Website - Pada umumnya ketika seseorang berfikir untuk membuat sebuah blog maupun website didasari oleh sebuah hobi dan kegemaran akan bidang tersebut. Dari hobi itulah yang akhirnya membuat seseorang berfikir lebih keras untuk membuat dan mendesain website yang dikelolanya menjadi website yang menarik.

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai 3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mendesain Website, sebelumnya saya ingin bertanya kepada sobat semua. Apakah sobat memiliki sebuah website yang menjadi favorit? Lalu hal apa saja yang membuat sobat tertarik dan menyukai website tersebut?

Secara umum, jika sobat bisa menjawab dengan teliti pertanyaan saya tersebut. Saya rasa sobat sudah bisa berfikir tentang hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum mendesain sebuah website. Sebuah website yang menarik tentu selain kita sendiri yang akan menikmatiny, ada orang lain yang juga ikut senang saat berkunjung di website kita yaitu visitor dari website itu sendiri.

Nah untuk itu, jika sobat sedang berencana untuk mendesain sebuah website, maka ada baiknya jika sobat memperhatikan 3 hal berikut ini agar hasil desain sobat lebih maksimal.

1. Menentukan Tujuan Website Dibangun

Tujuan adalah salah satu hal yang harus ada ketika kita ingin melakukan sesuatu, dimana dengan adanya tujuan dapat membuat apa yang kita kerjakan menjadi lebih terarah. Begitu juga dengan setiap website yang akan didesain harus memiliki tujuan yang jelas. Nah, untuk itu tugas seorang desainer tentu tidak hanya mendesain saja, tetapi juga mengetahui tujuan dari dibangunnya website tersebut.

Tujuan dari sebuah website terdiri atas visi dan misi webmaster saat ingin membangun websitenya dan terget pengunjung yang akan dituju. Jika kalian memperhatikan tujuan awal dari website tersebut, dijamin kalian akan lebih mudah menemukan desain yang sesuai.

2. Rencanakan Navigasi yang Sederhana

Hal penting selanjutnya yang perlu diketahui adalah desain navigasi yang harus sederhana. Sederhana yang dimaksudkan mudah dilihat, ditangkap dan dipahami oleh pengunjung serta tidak menyulitkan mereka ketika menggunakannya. Jika perlu, kalian dapat menggambar secara manual urutan navigasi terlebih dahulu sambil melihat referensi dari website-website yang telah ada sebelum mulai mendesainnya. Melalui perencanaan yang baik dan matang, navigasi yang akan kalian gunakan pun akan dapat diakses dan digunakan dengan mudah oleh pengunjung.

3. Perhatikan Unsur dan Jenis Desain yang Diperlukan

Jika setiap website memiliki tujuan yang berbeda, maka unsur dan jenis desain yang digunakan juga akan berbeda pula. Setiap desain dari website sebaiknya menjadi media untuk mencapai tujuan dari website itu sendiri. Kalian dapat memilih jenis desain yang ingin digunakan untuk website tersebut, seperti retro, modern, vintage, dan sebagainya. Selain itu, kalian juga harus menentukan unsur desain dan usahakan untuk selalu sesuai dengan jenis desain yang telah kalian pilih sebelumnya, seperti penggunaan warna, tipografi dan elemen grafis (foto dan video).

Nah, untuk mendesain website dari awal mungkin cukup sulit. Namun dengan mengikuti langkah diatas, kamu sudah bisa membuat sebuah website yang memiliki tujuan dan lebih terkonsep dengan jelas. Setelah website kamu mulai berjalan, maka nantinya kamu baru bisa mengembangkan lebih jauh tentang bagaimana website kamu akan berkembang dan diarahkan.

Saya rasa itu saja yang bisa saya bagikan untuk kesempatan kali ini. Semoga tulisan saya yang sederhana ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Sampai jumpa.

#Tags

Tidak ada komentar untuk *3 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mendesain Website!

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas dan jangan buang waktu anda hanya untuk membuat komentar SPAM disini.