Cara Verifikasi OpenID di Blogger

Cara Verifikasi OpenID di Blogger

Cara Verifikasi OpenID di Blogger - Apa itu OpenID? OpenID adalah sebuah ID atau Identitas ataupun sama seperti email, username, dan alamat website/blog itu sendiri. OpenID merupakan salah satu metode yang bisa kita gunakan untuk melakukan komentar disebuah halaman web di blogger. Biasanya ketika kita ingin melakukan komentar diblogger pasti kita akan melihat pilihan, apakah kita akan menggunakan openID atau Name/URL ataupun metode lainnya.

Apa perbedaan openID dan Name/URL?

Ketika kita berkomentar menggunakan openID menurut saya akan lebih aman, karena openID menunjukan identitas asli si pemiliknya. Jadi jika kita berkomentar menggunakan openID nama yang akan tampil pada komentar adalah OpenID yang telah kita setting sebelumnya sesuai dengan alamat blog kita.

Sedangkan jika berkomentar menggunakan Name/Url menurut saya ada sisi buruknya, misalkan ada orang yang berkomentar diblog orang lain dengan menggunakan nama kita atau nama blog dan alamat blog kita, dan menuliskan komentar yang tidak sopan seperti mencaci maki blog yang dia komentari, tentu hal ini akan berdampan buruk bagi nama kita atau nama blog kita yang digunakan orang lain menjadi tercemar. Nah disinilah sisi buruk jika berkomentar menggunakan Name/Url.

Apa kelebihan menggunakan OpenID dibandingkan Name/URL?

Jika bicara tentang kelebihan OpenID atau Name/Url, kedua metode berkomentar ini sama-sama bisa mendatangkan backlink untuk blog kita. Akan tetapi untuk mencegah kemungkinan buruk tadi mari mulailah menggunakan OpenID dan tinggalkan Name/URL karena blogspot pun tidak menyarankan untuk menggunakan Name/URL sebagai alat berkomentar.

Lalu bagaimana cara verifikasi OpenID blogger?

Untuk melakukan verifikasi openID diblogger ini cukup mudah dan anda tidak perlu untuk melakukan regitrasi apapun untuk melakukan verifikasi ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti metode verifikasi openID blogger dibawah ini.

Cara Verifikasi OpenID di Blogger

1. Masuk ke dashboard blog, pilih template > edit html
2. Lalu copy-paste kode berikut ini dan letakkan dibawah kode <head>
<link href='http://www.blogger.com/openid-server.g' rel='openid.server'/>
<link href='http://semua-tutorialku.blogspot.com' rel='openid.delegate'/>

Keterangan:

Ganti http://semua-tutorialku.blogspot.com dengan alamat blog anda.

3. Simpan template

Selesai. Sekarang anda sudah bisa berkomentar menggunakan OpenID blog anda. Semoga dengan menggunakan openID dalam berkomentar bisa membuat kita semua menjadi lebih bijak dalam menulis kata-kata disetiap komentar. Sampai jumpa, semoga bermanfaat.

#Tags

2 komentar untuk *Cara Verifikasi OpenID di Blogger!

artikelnya menarik
senang membacanya serta menambah wawasan
terimakasih banyak,sukses terus

Balas

semoga bermanfaat, ya!

sering2 berkunjung dan terima kasih atas komentarnya.

Balas

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas dan jangan buang waktu anda hanya untuk membuat komentar SPAM disini.