4 Tips Agar Mudah Mengingat Materi Pelajaran

4 Tips Agar Mudah Mengingat Materi Pelajaran

4 Tips Agar Mudah Mengingat Materi Pelajaran - Sebagai seorang pelajar yang baik tentu berkeinginan mendapatkan sebuah prestasi yang baik pula dari hasil belajarnya. Dulu sewaktu saya masih duduk dibangku sekolah kejuruan saya sering menghapalkan beberapa pelajaran sekaligus, tapi ternyata setelah saya berkonsultasi dengan guru BK ternyata hal tersebut salah.

Menghapas beberapa pelajaran secara bersamaan ternyata bukanlah hal yang ideal untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Meski mungkin diantara kita ada yang mampu melakukannya, namun ada baiknya jika anda tidak mencobanya. Selain karna tidak optimalnya proses menghapal, hal ini juga akan membuat anda sebagai pelajar menjadi cepat stress.

Dan apakah anda pernah membaca buku berulang kali tetapi materi pelajaran tidak kunjung dipahami? Sepertinya anda harus cepat menemukan cara terbaik agar lebih mudah dalam mengingat metari pelajaran sekolah. Jika tidak, kemungkinan anda akan gagal menghadapi ujian yang sebentar lagi.

Nah, Agar anda lebih mudah dalam mengingat materi pelajaran sekolah, mungkin 4 Tips Agar Mudah Mengingat Materi Pelajaran ini wajib untuk anda baca dan pertimbangkan. Agar proses belajar anda dapat berjalan dengan baik.

Berikut 4 Tips Agar Mudah Mengingat Materi Pelajaran


#1. Menghapalah saat kondisi tubuh sedang fit dan tidak sakit

Ketika ingin mengingat materi yang sulit dipelajari dan dihafal, pastikan terlebih dahulu fisikmu sedang dalam kondisi prima. Moodmu pun harus sedang bagus dan siap menghafal. Mengingat bukan proses yang mudah karena sama saja dengan memasukkan sesuatu yang baru ke dalam pikiran kita.

Jika mood sedang buruk dan kondisi tubuh sedang drop, belajar mengingat akan lebih sulit untuk dilakukan. Jika sedang sakit minumlah obat agar tubuhmu terasa lebih baik atau lakukan beberapa hal yang membuat moodmu kembali bagus seperti mendengarkan musik, menggambar, meminum jus dan sebagainya.

#2. Pilih tempat yang menurutmu paling nyaman

Setiap orang punya definisi "tempat nyaman" yang berbeda. Ada yang mengatakan kalau tempat yang nyaman itu seperti di kafe karena ada alunan musik yang menemani. Ada pula yang bilang kalau perpustakaan itu tempat terbaik untuk belajar dan mengingat sesuatu karena hening dan tidak banyak suara berisik sehingga lebih bisa berkonsentrasi.

Di manapun tempat yang akan anda pilih, sebaiknya pilihlah yang menurutmu paling nyaman karena standar “nyaman” setiap orang berbeda-beda. Kalau sudah merasa nyaman, kegiatan menghafal bisa dengan mudah dilakukan.

#3. Ketahui apa saja yang harus dihafal

Banyak orang yang ingin menghafal dan mengasah kemampuan memorinya tetapi tidak tahu apa saja yang perlu dihafalkan. Karena tidak semua yang dipelajari bisa diingat, sebaiknya anda lebih selektif dalam memilih materi yang akan dihafal. Dalam sebuah materi, tidak semuanya harus diingat.

Bahkan mungkin hanya butuh beberapa persen saja yang harus benar-benar dimasukkan dalam memori. Supaya tidak membuang waktu belajar dan memori segera terisi, catatlah apa saja yang penting. Itulah yang perlu dihafalkan dengan baik.

#4. Catat poin-poin penting dan tulis kembali apa yang sudah diingat

Setelah mendapatkan hal-hal yang perlu diingat, jangan lupa mencatat. Dengan catatan berupa poin-poin, seseorang cenderung lebih mudah menghafal. Sebaiknya catatan dibuat pendek-pendek saja agar tidak jenuh ketika mengingat kembali.

Setelah itu, tuliskan lagi materi yang sudah diingat dan dipelajari tanpa membuka buku atau catatan. Menulis kembali ternyata cukup efektif untuk mempertajam memori seseorang.


Nah, Jadi itulah 4 Tips Agar Mudah Mengingat Materi Pelajaran Sekolah dengan mudah dan efektif. Berdasarkan pengalaman saya, proses menghapal yang biasa saya lakukan ketika sekolah adalah sewaktu subuh, selain menghapal materi dalam keadaan tubuh yang prima menghapal pelajaran ketika subuh juga membuat saya lebih tenang dan berkonsentrasi.


Lalu Bagaimana Cara Anda Menghafal?

#Tags

4 komentar untuk *4 Tips Agar Mudah Mengingat Materi Pelajaran!

satu lagi gan...

di ulang-ulang atau dengan menyampaikan ke orang lain itu lebih efisien

http://senditq.com/2015/11/belajar-pemrograman-website-cara-bikin-blogspot-gratis.html

Balas

Makasi gan, :D mudah2an berhasil dan dapat nilai besar saat ulangan :)

Balas

siap gan!
boleh juga tuh dicoba buat temen2 yang lain. :)

Balas

sama-sama.

semoga bermanfaat dan bisa mendapatkan hasil yg maksimal, ok!

Balas

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas dan jangan buang waktu anda hanya untuk membuat komentar SPAM disini.