5 Pelajaran Bisnis dari Steve Job

5 Pelajaran Bisnis dari Steve Job

5 Pelajaran Bisnis dari Steve Job - Siapa yang belum mengenal Steve Job? Atau bahkan anda sudah pernah menggunakan produk-produk dari perusahaan beliau. Steve Job, yang merupakan pendiri perusahaan Apple dikenal dengan kesuksesannya dalam membangun perusahaan Apple.

Dimana terobosannya dalam berinovasi yang disertai dengan kerja keras mampu membuat Apple menjadi salah satu raksasa teknologi dunia.

Tidak heran kalau kesuksesannya dalam membangun Apple mampu menginspirasi bagi banyak orang. Selain menginspirasi, kita juga dapat mengambil banyak pelajaran bisnis dari kesuksesan Steve Job yang bisa kita jadikan sebagai contoh.

Untuk Anda yang penasaran mari langsung saja simak 5 Pelajaran Bisnis dari Steve Jobs berikut:

#1. Create a Culture of Innovation

Ciptakan budaya inovasi, untuk memajukan sebuah bisnis ada baiknya Anda selalu membuat inovasi terbaru dibandingkan mengejar keuntungan. Itu juga yang dilakukan oleh Steve Job dalam membangun Apple, beliau selalu menanamkan pentingnya inovasi dan menyemangati timnya untuk terus berinovasi.

Sehingga tidak heran jika karya-karyanya mampu menempatkan Apple sebagai perusahaan yang selalu mengeluarkan produk-produk inovatif.

#2. Never Forget Time is Short


Waktu itu singkat, Itu artinya Anda harus gunakan waktu yang ada dengan fokus pada perkembangan bisnis yang sedang dijalankan. Anda harus berusaha menggunakan waktu yang ada sebaik mungkin jangan sampai disia-siakan waktu untuk melakukan hal yang tidak bermanfaat.

Lihatlah Steve Jobs meskipun usia beliau sampai 56 tahun, dengan umur yang cukup singkat tersebut menghasilkan banyak karya inovatif yang produk-produknya diakui oleh dunia.

#3. A Single Picture Works More Than 100.000 Words

Sebuah gambar memiliki efek viral lebih kuat dibandingkan 100.000 kata, yang dimaksudkan disini ialah ketika menggunakan teknik promosi, ada baiknya jika lebih banyak menggunakan gambar ataupun video. Kenapa begitu? Ini karena keduanya  memiliki pengaruh signifikan dan efektif serta memudahkan orang yang melihat iklan untuk menangkap pesan dari iklan gambar atau video dibandingkan iklan tulisan.

Nah hal ini juga yang dilakukan Steve Job dalam mempromosikan produk Apple, beliau lebih banyak menggunakan gambar atau video dan meminimalkan kata-kata dalam iklan-iklan produknya. Terbukti cara yang dilakukan Stave Job mampu menarik orang untuk membeli produk Apple.

#4. Learn From Your Customers

Belajar dari pelanggan Anda, Dalam berbisnis kadang inovasi itu tidaklah cukup. Tetapi kita juga harus tahu apa yang diinginkan pelanggan agar pelanggan merasa puas dengan produk kita. Hal ini juga yang selalu dilakukan Steve Job, beliau selalu menyempurnakan inovasinya dengan melakukan survei untuk mengetahui produk apa saja yang benar-benar diinginkan oleh para pelanggan.

Dengan mengetahui keinginan dari pelanggan tidak heran kalau produk-produk Apple seperti iPhone atau iPads begitu disukai banyak orang.

#5. Stay Focuses on 1 Thing at a Time

Jika kita fokus pada satu hal tentu akan jauh lebih baik dibandingkan pada banyak hal, itu pula yang dilakukan oleh Steve Jobs pada tahun 1997 ketika perusahaan Apple mengalami keterpurukan, saat itu tim kreatif apple terlalu sibuk pada ratusan hal dalam satu waktu yang bersamaan, tentu saja kondisi tersebut hanya akan menguras energi sekaligus produktifitas dari perusahaan itu sendiri.

Dan benar saja dengan fokus 100% pada satu hal Steve Job mampu membawa Apple keluar dari keterpurukan bahkan bisa membawa Apple meraih kejayaannya.

Nah..
Itulah 5 pelajaran bisnis dari Steve Jobs, cukup menginspirasikan bukan? Semoga apa yang sudah diberikan diatas bisa menjadi bahan pembelajaran untuk Anda yang ingin memajukan bisnis seperti layakanya Steve Jobs.

Semoga bermanfaat.
5 Pelajaran Bisnis dari Steve Job 5 Pelajaran Bisnis dari Steve Job Reviewed by Mgs Rama Dony on 3:45 AM Rating: 5

No comments:

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas.
1. Jangan tinggalkan link akitf
2. Jangan gunakan kata kotor, spam, sara, atau provokasi lain
3. Gunakanlah form komentar dengan baik dan bijak

Powered by Blogger.