Kesalahan yang Sering dilakukan Blogger Pemula

Kesalahan yang Sering dilakukan Blogger Pemula

Kesalahan yang Sering dilakukan Blogger Pemula - Setelah pada artikel sebelumnya saya sudah berbagi tentang "Hal Yang Harus di Perhatikan Untuk Memulai Ngeblog", pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya dalam awal-awal ngeblog.

Sebagai seorang yang baru mengenal blog, kita pasti sangat menyukai dengan hal-hal yang berbau keindahan yang akhirnya justru membuat kita melupakan tujuan awal kita ngeblog ini. Kita selalu memperhatikan tampilan blog yang paling utama, tanpa disertai dengan tulisan tulisan yang berkualitas yang justru akhirnya membuat kita membuang-buang waktu saja.

Nah berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula, yang dulu juga biasa saya lakukan, agar menjadi pelajaran supaya anda tidak terjebak dalam kesalahan yang sama berikut ini:

1. Terlalu Sibuk dengan Tampilan
Seperti yang sudah saya singgung sedikit di atas, kesalahan yang hampir dilakukan oleh kebanyakan blogger pemula adalah terlalu sibuk dengan tampilan. Gonta-ganti template, pasang-copot widget, dll. Padahal semua itu sama sekali tidak begitu penting.

Yang akan menjadikan blog anda dikenal dan dikunjungi oleh banyak orang nantinya bukanlah karena tampilan, tapi konten yang ada di blog anda.

2. Mementingkan Kuantitas daripada Kualitas
Sekali lagi blogger pemula biasanya berlomba-lomba untuk mengisi blognya dengan tulisan sebanyak mungkin dengan harapan bisa dengan cepat mendapatkan banyak pengunjung tanpa mempedulikan apakah postingannya hasil nulis sendiri atau hasil jiplak tulisan blogger lain.

3. Terlalu Banyak Membaca Informasi tapi Minim Praktek
Sebagai seorang blogger pemula biasanya rasa keingintahuannya sangat besar. Baca ini baca itu sampai kepalanya penuh dengan informasi dan bingung yang mana yang harus dipraktekan. Lebih baik sedikit informasi tapi benar-benar dipraktekan daripada kebanyakan informasi tapi sama sekali tidak digunakan.

4. Tidak Konsisten Dalam Ngeblog
Yang saya maksud tidak konsisten yaitu di awal-awal sangat rajin mengupdate posting secara rutin setiap hari, tapi setelah itu tiba-tiba menghilang entah kemana. Mengupdate blog secara rutin memang sangat bagus, tapi konsistensi menurut saya jauh lebih penting.

5. Membahas Terlalu Banyak Topik
Apakah salah jika membahas banyak topik? sama sekali tidak. Tapi yang pasti blog anda akan sulit berkembang, tidak memiliki keunikan, tidak memilki jati diri, dan akan sulit mendapatkan pembaca setia.

6. Terlalu Terobsesi dengan Statistik Blog
Seorang blogger pemula biasanya akan sangat rajin mengecek jumlah pengunjung, ranking alexa, pagerank, dan lain sebagainya. Bahkan sehari bisa mengecek sampai puluhan kali. Padahal hal tersebut tidak akan membantu menambah jumlah pengujung blog anda dan hanya akan membuang-buang waktu.

7. Membuat Terlalu Banyak Blog
Kadang sebagai blogger pemula, kita suka membuat banyak blog dengan berbagai topik sesuai yang kita sukai, tapi kita tidak bisa mengurus dan menulis artikel diblog-blog yang kita buat tersebut.

Jujur, cukup blogger-blogger yang sudah berpengalaman yang mengelola banyak blog, puluhan bahkan sampai ratusan. Tapi khusus bagi pemula sangat tidak disarankan membuat terlalu banyak blog karena akan membuat tidak fokus.

Meskipun anda bukan lagi pemula saya rasa mengelola banyak blog bukanlah sebuah keharusan. Semua tergantung dari tujuan anda. Jika anda ingin membuat blog agar bisa populer dan bertahan lama, maka tidak ada alasan untuk mengelola banyak blog.

8. Terlalu Berambisi Mendapatkan Uang secara Cepat
Tidak bisa dipungkiri banyak blogger yang memulai ngeblog karena ingin mendapatkan uang. Mereka beranggapan mendulang uang dari blog bisa dilakukan dalam waktu semalam, padahal tidak demikian. Butuh waktu, usaha dan konsistensi.

Memang saat ini telah banyak para blogger yang berhasil mengahsilakn banyak uang dari kegiatan ngeblog ini, hanya saja semua itu tidak didapat dalam waktu yang cepat, setahun, dua tahun atau lebih tergantung usaha dan konsistensi anda dalam ngeblog.

9. Tidak Memanfaatkan mesin pencari Google dengan Maksimal
Jangankan cuma masalah blog, informasi apapun bisa kita temukan dengan mudah di google. Jadi manfaatkanlah Google dengan baik untuk belajar ngeblog.

Demikianlah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh para blogger pemula, sebagai bahan pelajaran agar kita tidak terjerat dalam kesalahan yang sama. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat untuk anda semua, jika ada kesalahan kata, saya mohon maaf. Sampai jumpa..

Referensi: sugeng.id

#Tags

Tidak ada komentar untuk *Kesalahan yang Sering dilakukan Blogger Pemula!

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas dan jangan buang waktu anda hanya untuk membuat komentar SPAM disini.