Hal Yang Harus di Perhatikan Untuk Memulai Ngeblog

Hal Yang Harus di Perhatikan Untuk Memulai Ngeblog

Hal Yang Harus di Perhatikan Untuk Memulai Ngeblog - Untuk memulai menjadi seorang blogger yang profesional sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Namun terkadang, para blogger pemula justru dibuat bingung oleh diri mereka sendiri tentang bagaimana harus memulai ngeblog ini, dan apa saja yang harus dilakukan.

Kegiatan ngeblog ini bukan sekedar menulis artikel sebanyak mungkin, tetapi ada banyak hal yang harus kita perhatikan untuk menunjang keberlangsungan sebuah blog untuk tetap terus bertahan dan bersaing dari blog-blog baru. Selain membuat artikel yang manarik, berbeda, orisinil dan bermanfaat bagi pembacanya, kita juga harus menentukan hal-hal yang lebih spesifik dalam blog kita agar blog kita terlihat lebih profesional.

Nah, pada kesempatan kali ini saya berkesempatan berbagi hal-hal apa saja yang harus diperhatikan untuk memulai ngeblog, agar kegiatan ngeblog kita tidak sia-sia dan dapat bermanfaat bagi diri kita sendiri khususnya.

1. Menentukan Tujuan Ngeblog
Sebelum kita memulai sesuatu ada baiknya jika kita memiliki sebuah tujuan yang jelas untuk apa kita melakukan hal tersebut. Tidak terkecuali dalam melakukan kegiatan ngeblog, kita juga harus memiliki tujuan yang jelas agar kita mendapatkan hasil yang maksimal dalam ngeblog.

Apakah tujuan ngeblog itu penting? Sangat penting. Jika kita tidak memiliki tujuan dalam ngeblog maka sudah pasti blog kita nantinya akan tidak jelas arah tujuannya akan kemana, dan kita juga menjadi tidak konsisten dalam mengurus blog kita. Karna ngeblog itu butuh waktu, tenaga, dan pikiran. Jangan sampai semuanya terbuang sia-sia karena tidak memiliki tujuan yang jelas.

2. Menentukan Topik Ngeblog
Setelah kita memiliki sebuah tujuan yang jelas dalam ngeblog, langkah selanjutnya adalah menentukan topik blog kita. Menetukan topik blog adalah salah satu faktor yang sangat berperan penting dalam sebuah blog, ramai atau tidaknya sebuah blog dapat dipengaruhi oleh topik pembahasan dari blog tersebut.

Baca Juga: Cara Menentukan Niche Blog untuk Adsense

Dalam menentukan sebuah topik blog, maka anda harus benar-benar memilihnya dengan tepat, sesuai dengan hobi atau keahlian anda. Jika anda memilih topik yang anda sendiri tidak begitu suka atau pahami, maka blog anda tidak akan bertahan lama karna anda akan kesulitan dalam menulis artikel yang berhubungan dengan topik tersebut.

3. Pilih Platform Ngeblog
Banyak sekali platform yang dapat kita gunakan untuk ngeblog, seperti Blogger.com, WordPress.com, dan lain sebagainnya. Semuanya punya kelebihan serta kekurangannya tersendiri. Tapi menurut saya Blogger.com adalah pilihan tepat bagi anda yang baru memulai kegiatan ngeblog. Selain karena gratis, blogger.com sangat mudah digunakan untuk pemula.

4. Mulai Menulis Artikel
Jika anda sudah memiliki sebuah blog, hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengisi blog anda dengan tulisan. Mulailah menulis artikel tentang apa saja yang ingin anda tulis sesuai dengan topik yang sudah anda tentukan sebelumnya.

Baca Juga:  Cara Menulis Artikel SEO Friendly

5. Mempercantik Tampilan Blog
Mempercantik tampilan atau design blog sebenarnya tidak begitu penting untuk dilakukan oleh blogger pemula tetapi tidak ada salahnya jika hal itu juga dilakukan selagi tidak berlebihan.

Untuk download template klik disini.

Anda bisa mengganti tamplate atau tampilan blog anda sesuai keinginan anda, dan memasang widget-widget tambahan lainnya agar blog anda semakin enak dilihat, Tapi ingat! jangan terlalu berlebihan karena kebanyakan blogger yang baru memulai ngeblog sering ketagihan bergonta-ganti template yang akhirnya hanya membuang-buang waktu.

Sebenarnya untuk membuat sebuah blog yang besar dan populer bukanlah hal yang sulit, kita hanya diharuskan membuat artikel-artikel yang menarik, original dan berbeda. Agar blog kita memiliki ciri khusus yang dapat membuat pembacanya setia untuk membaca artikel diblog kita dan selalu menunggu artikel yang akan kita tulis diblog kita.

Demikianlah sedikit tips untuk anda yang baru saja ingin memulai kegiatan ngeblog, agar kegiatan ngeblog kita tidak sia-sia maka kita harus menanamkan tujuan dan niat yang kokoh. Dan kita akhirnya dapat menikmati hasil jerih payah kita dari kegiatan ngeblog ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda semua, dan sampai jumpa..

#Tags

Tidak ada komentar untuk *Hal Yang Harus di Perhatikan Untuk Memulai Ngeblog!

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas dan jangan buang waktu anda hanya untuk membuat komentar SPAM disini.