Cara Mengembangkan dan Mempertahankan Blog

Cara Mengembangkan dan Mempertahankan Blog
Cara Mengembangkan dan Mempertahankan Blog - Membangun dan membuat sebuah blog baru memang bukanlah hal yang sulit, karna sudah banyak blogger yang memanfaatkan platform gratis untuk membuat blog. Tetapi jika kita sudah memiliki sebuah blog dan beberapa konten, justru hal yang sulit menurut saya adalah mempertahankan produktifitas dan eksistensi blog kita dari pesaing-pesaing blog lainnya.

Untuk mengatasi pesaing blog yang sama seperti kita, maka kita harus melakukan yang namanya promosi dan mulai mengenal dan berusaha mengoptimasi SEO pada blog yang kita kelola. Karna jika tidak, maka blog kita akan kehilangan banyak pengunjung.

Dan berikut ini saya akan berbagi sedikit tips tentang Bagaimana Cara Mengembangkan dan Mempertahankan Blog di Mesin Pencari agar blog yang kita miliki dapat bertahan dan bersaing dengan blog-blog lainnya.

1. Tetap Fokus pada Konten Berkualitas
Memang tidak bisa dipungkiri jika kontent atau tulisan sampai kapanpun akan tetap menjadi faktor utama kesuksesan berlangsungnya sebuah blog. Maka dari itu buatlah konten-konten yang berkualitas, agar blog kita tetap mendapatkan traffic yang baik dan tetap dapat bertahan dari persaingan blog-blog lainnya.

Seperti apa itu konten berkualitas? umumnya konten yang berkualitas dan banyak disukai para pembaca blog adalah konten-konten yang masih baru dan hangat dikalangan pengguna blogger dan banyak dicari oleh pembaca, selain itu konten yang unik, berbeda, dan original juga merupakan salah ciri konten yang berkualitas serta konten-konten yang berguna dan bermanfaat untuk para pembacanya.

2. Melakukan Optimasi SEO
SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha untuk mengoptimalkan blog kita pada mesin pencari. Jika anda menginginkan blog anda mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari maka mau tidak mau anda harus berurusan dengan SEO.

Tapi anda tidak perlu benar-benar menjadi ahli SEO untuk bisa mendaptakan pengunjung dari mesin pencari. Cukup menggunakan pemahaman SEO dasar saya rasa sudah cukup untuk membantu meningkatkan trafik blog anda dari mesin pencari.

2. Melakukan Kegiatan Blogwalking
Melakukan kegiatan blogwalking dapat diartikan sebagai kegiatan berkujung ke blog orang lain sambil meninggalkan komentar. Blogwalking adalah cara lama yang sering dilakukan oleh blogger pemula untuk mandapatkan pengujung, tapi sampai sekarangpun cara tersebut masih tetap efektif bahkan masih banyak yang menerapkan teknik yang satu ini.

Selain mendapatkan pengujung, blogwalking juga memiliki banyak manfaat lain, diantaranya:
  • Menjalin ikatan silaturahmi sesama blogger
  • Mendapatkan backlink yang merupakan salah satu faktor terpenting SEO
  • Mendapatkan ide atau inspirasi dan lain-lain..
3. Memanfaatkan Media Sosial
Saat ini, media sosial merupakan salah media yang banyak dikunjungi oleh banyak orang, bahkan kebanyakan orang menghabiskan waktunya di media sosial. Oleh sebab itulah, maka kita harus memanfaatkan dengan baik media sosial ini sebagai tempat promosi untuk blog kita. Sehingga blog kita akan tetap terus ramai dan dapat bertahan dari persaingan blog-blog lainnya.

4. Bergabung Dengan Forum di Internet
Di internet banyak sekali forum-forum yang berisi orang-orang yang memiliki hobi atau minat tertentu. Gabunglah ke dalam forum-forum tersebut yang sesuai dengan topik blog anda. Salah satu forum yang juga bermanfaat untuk ngeblog yaitu ads.id karena banyak tips-tips yang bermanfaat di sana.

Pada intinya adalah aktiflah dimana pembaca anda sering menghabisakan waktunya. anda bisa berdikusi dengan mereka sesuai dengan topik yang anda minati dan sesekali mempromosikan blog anda. Yang terpenting jangan melakukan promosi secara berlebihan karena beberapa forum memiliki peraturan yang ketat.

5. Submit Artikel di Social Bookmarking
Social Bookmarking adalah situs yang fungsinya untuk membookmark halaman-halaman yang ada di internet secara online. Banyak blogger-blogger yang menggunakan situs social bookmarking sebagai tempat untuk mendatangkan pengunjung dan juga mencari backlink.

Salah satu situs social bookmarking yang paling populer di Indonesia adalah lintas.me. anda bisa mensubmit postingan blog anda ke social bookmarking tersebut.

Untuk menjadi seorang blogger yang berpengalaman haruslah memiliki jam terbang dan wawasan yang banyak mengenai blogger itu sendiri, jadi tetaplah belajar untuk meningkatkan kemampuan ngeblog anda. Dan memanfaatkan google sebagai sumber pencari informasi yang anda butuhkan selama anda ngeblog.

Demokianlah pembahasan saya kali ini mengenai Cara Mengembangkan dan Mempertahankan Blog, semoga apa yang saya tulis dibawah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua yang membacanya. Jika anda memiliki saran, kritik atau pertanyaan, silahkan anda ajukan di kotak komentar dibawah ini seputar topik diatas atau pertanyaan lain dihalaman Out Off Topic. Sampai jumpa..

#Tags

2 komentar untuk *Cara Mengembangkan dan Mempertahankan Blog!

iya, gan.
semoga bermanfaat! :D

Balas

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas dan jangan buang waktu anda hanya untuk membuat komentar SPAM disini.