Resep Putu Ayu Serta Cara Membuatnya

Resep Putu Ayu Serta Cara Membuatnya

Resep Putu Ayu Serta Cara Membuatnya - Bila kita bicara masalah makanan pasti tidak akan ada habisnya, apalagi untuk kita yang suka sekali makan :) Saya termasuk orang yang suka makan makanan seperti kue, makanan ringan lainnya serta minuman yang manis.

Nah, pada artikel saya kali ini tentang 'Resep Putu Ayu Serta Cara Membuatnya', kita akan belajar memasak kue yang satu ini. Makanan Putu Ayu adalah salah satu makanan kesukaan saya juga selain Kue Lapis Legit Spesial yang bisa ditemani dengan Minuman Sop Buah Yang Segar.

Resep Putu Ayu Serta Cara Membuatnya

Bahan Bahan Resep Putu Ayu Enak dan Lembut
  1. Seperti resep kue basah pada umunya, kali ini kita memerlukan tepung terigu yang mempunyai kandungan protein sedang kurang lebih sebanyak 200 gram saja. Ayak tepung sampai halus supaya tidak ada gumpalan gumpalan di hasil jadinya.
  2. Cake emulsifier untuk melembutkan tekstur kue putri ayunya kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja. Bisa menggunakan merek TBM, Ovalet atau SP.
  3. Telur ayam kualitas bagus ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 butir.
  4. Gula pasir yang bersih kurang lebih sebanyak 200-210 gram saja supaya rasa manisnya pas dan tidak bikin eneg.
  5. Pewarna pasta makanan yang berwarna hijau secukupnya. Tetapi kalau bisa menggunakan pewarna hijau alami dari air rebusan daun pandan atau daun suji.
  6. Parutan kelapa yang diambil dari buah kelapa yang tidak terlalu tua secukupnya supaya rasanya lebih gurih dan mudah untuk dipadatkan di kuenya nanti.
  7. Santal kelapa asli dari perasan buah kelapa kurang lebih sebanyak 200 ml saja.
  8. Garam halus beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.
Cara Membuat Kue Putu Ayu Yang Empuk dan Enak
  1. Langkah pertama adalah membuat adonanannya. Ambil satu wadah cukup besar atau juga bisa menggunakan mangkuk mixer.
  2. Masukkan 2 butir telur ayamnya, gula pasir dan pelembut kue / cake emulsifernya lalu kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai semua bahan tercampur rata dan mengembang sempurna lalu matikan mixer.
  3. Setelah mengembang masukkan tepung terigu protein sedangnya lalu aduk aduk sampai semua bagian tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  4. Masukkan santan kentalnya sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk sampai rata dan santan kentalnya sudah tercampur sempurna.
  5. Masukkan pewarna makanan atau air daun suji beberapa tetes sambil diaduk aduk sampai rata sampai mendapatkan tingkat warna hijau yang diinginkan.
  6. Ambil satu wadah agak kecil lalu masukkan kelapa parut yang sudah disiapkan sebelumnya dan garam dapur beryodiumnya. Aduk aduk kedua bahan sampai rata.
  7. Ambil adonan kue putu ayunya lalu masukkan parutan kelapa ke dalamnya (di bagian paling bawah) lalu tekan sampai padat supaya hasilnya nanti tidak pecah setelah matang.
  8. Masukkan adoanan kue putri ayunya diatas kelapa parutnya sampai kurang lebih 3/4 cetakan. Ulangi sampai semua adonan dan kelapa parutnya habis.
  9. Siapkan panci kukusan dan masukkan cetakan kuenya kedalamnya lalu masak dengan api sedang jangan terlalu besar sampai matang (kira kira butuh waktu sekitar 20-30 menit saja).
  10. Setelah matang keluarkan dari cetakan dan kue putri ayunya sia disajikan buat keluarga.
Ternyata sangat mudah bukan cara membuat Kue Putu Ayu Enak yang lembut dan empuk diatas. Selain untuk dikonsumsi sendiri, Resep Putu Ayu ini bisa juga dijadikan salah satu sumber tambahan penghasilan buat keluarga lho. Apalagi jaman sekarang sudah jarang ditemukan penjual kue putri ayu ini di masyarakat, jadi kemungkinan untuk laku sangat besar sekali bukan.

#Tags

Tidak ada komentar untuk *Resep Putu Ayu Serta Cara Membuatnya!

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas dan jangan buang waktu anda hanya untuk membuat komentar SPAM disini.