Cara Mengganti Template Blog Yang Benar dan Aman

Cara Mengganti Template Blog Yang Benar dan Aman

Cara Mengganti Template Blogger Yang Benar - Apakah anda seorang blogger yang aktif menulis artikel diblog anda setiap hari? Membuat blog dan merawat blog setiap hari, baik itu dari segi tampilan, konten, yang menarik akan membuat blog kita menjadi lebih baik dan populer terlebih yang diharapkan oleh banyak blogger yaitu populer di search engine, yang memudahkan blog kita untuk diakses banyak pengunjung.

Namun bila bicara masalah cara membuat tampilan blog kita menjadi lebih menarik, pastinya kita akan dihadapkan pada sebuah istilah yang lazim di kalangan blogger yaitu Template. Template atau bisa dibilang juga tema yang mendukung isi dari konten dan juga tema dari blog kita. Template yang menarik akan membuat pengunjung betah dan nyaman berlama-lama diblog kita, selain konten yang menarik juga tentunya.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara mengganti template blog yang aman dan benar agar setelah kita mengganti template blog tidak merasa kecewa dengan hasil template kita yang baru. Untuk saat ini saya hanya akan membagikan tips mengganti template blog saja, tidak termasuk template blognya. Jadi, anda bisa cari template yang anda sukai di google. Langsung saja untuk anda yang ingin tahu bagaimana cara mengganti template blog yang benar dan aman, simak tutorialnya dibawah ini:

Pertama-tema silahkan anda siapkan dahulu template yang ingin anda gunakan, atau bisa didownload dulu di blog tetangga yang banyak menyediakan template gartis, setelah anda download extract file .rar dan cari file templatenya, biasanya memiliki format .xml ( misal: template-seo.xml).

Cara Mengganti Template Blog Yang Benar dan Aman

Cara Mengganti Template Blogger
1. Login Dashboard blog anda lalu ke halaman Template > Cari dan klik tombol "Backup / Restore", untuk bahasa indonesia tombol "Cadangkan / Pulihkan". Letaknya di bagian pojok kanan atas seperti gambar di bawah ini.
Cara Mengganti Template Blog Yang Benar dan Aman

2. Setelah anda klik "Backup / Restore" akan muncul pop up seperti di bawah ini, yang harus anda lakukan adalah :
Cara Mengganti Template Blog Yang Benar dan Aman
  • Download Full Template, hal ini untuk memback-up template lama anda. Menjaga hal yang mungkin tidak di inginkan pada saat mengganti dengan template baru, sehingga anda dapat dengan mudah mengembalikannya ke tampilan semula.
  • Pilih file dengan extensi .xml didalam folder yang sudah anda extract tadi lalu tekan tombol Upload. Tunggu sampai loading selesai dan lihat hasilnya :)
Yang perlu anda ketahui disini, jika setelah proses upload selesai dan widget di blog anda sedikit berantakan, hal itu adalah wajar. Karena mungkin template yang baru ini tidak mempunyai widget pada template lama anda. Yang harus anda lakukan adalah mengatur kembali tata letak laman atau widget di halaman "TATA LETAK" atau "LAYOUT".

Catatan Penting:
  1. Jika terjadi hal yang tidak anda inginkan ketika mengganti template, anda bisa langsung upload template lama yang sudah anda download tadi.
  2. Pilih template yang paling anda sukai, jangan terlalu sering menggantinya, karena hal itu tidak baik untuk sebuah blog, lebih-lebih untuk Seo.
Bagaimana? mudah bukan. Jika anda memiliki masalah atau kesulitan, jangan ragu ajukan saja disini pasti sebisa mungkin saya akan membantu anda. Semoga bermanfaat, Sampai Jumpa. :)

#Tags

Tidak ada komentar untuk *Cara Mengganti Template Blog Yang Benar dan Aman!

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas dan jangan buang waktu anda hanya untuk membuat komentar SPAM disini.