Apa itu Lorem Ipsum ?

Apa itu Lorem Ipsum ?

Apa itu Lorem Ipsum ? - Mungkin anda pernah mendownload sebuah template blog. Nah,, Sebelum mendownload, Biasanya si pemilik template pasti memberikan Demo dari template tersebut. Didalam Blog Demo template tersebut biasanya terdapat banyak artikel membingungkan yang menggunakan  bahasa yang aneh dan sulit untuk kita mengerti.

Biasanya diawal kalimat tertulis 'Lorem ipsum dolor sit amet...'. Sebenarnya apakah Lorem Ipsum itu? darimana asalnya? mengapa itu biasa digunakan? bagaimana cara mendapatkannya? Nah, untuk anda yang juga bingung akan hal tersebut, pada artikel kali ini saya akan membahas hal-hal tersebut. Silahkan disimak. :)

Pengertian Lorem Ipsum
Lorem Ipsum adalah contoh teks atau dummy dalam industri percetakan dan penataan huruf atau typesetting. Lorem Ipsum telah menjadi standar contoh teks sejak tahun 1500an, saat seorang tukang cetak yang tidak dikenal mengambil sebuah kumpulan teks dan mengacaknya untuk menjadi sebuah buku contoh huruf.

Ia tidak hanya bertahan selama 5 abad, tapi juga telah beralih ke penataan huruf elektronik, tanpa ada perubahan apapun. Ia mulai dipopulerkan pada tahun 1960 dengan diluncurkannya lembaran-lembaran Letraset yang menggunakan kalimat-kalimat dari Lorem Ipsum, dan seiring munculnya perangkat lunak Desktop Publishing seperti Aldus PageMaker juga memiliki versi Lorem Ipsum.

Fungsi Lorem Ipsum
Perhatikan kata dibawah ini :

"Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat. Duis aute irure dolor in reprehenderit in voluptate velit esse cillum dolore eu fugiat nulla pariatur. Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt mollit anim id est laborum"

Tulisan diatas merupakan naskah Lorem Ipsum standar yang digunakan sejak tahun 1500an. Kalian pasti tidak mengerti artinya dan tidak membaca keseluruhan isinya kan? Nah, maka dari itu disimpulkan penggunaan teks Lorem Ipsum guna mendemostrasikan suatu elemen grafis atau presentasi visual seperti font, tipografi, dan tata letak. Maksud penggunaan lipsum adalah agar pengamat tidak terlalu berkonsentrasi kepada arti harfiah per kalimat, melainkan lebih kepada elemen desain dari teks yang dipresentasi.

Asal Usul Lorem Ipsum
Tidak seperti anggapan banyak orang, Lorem Ipsum bukanlah teks-teks yang diacak. Ia berakar dari sebuah naskah sastra latin klasik dari era 45 sebelum masehi, hingga bisa dipastikan usianya telah mencapai lebih dari 2000 tahun. Richard McClintock, seorang professor Bahasa Latin dari Hampden-Sidney College di Virginia, mencoba mencari makna salah satu kata latin yang dianggap paling tidak jelas, yakni consectetur, yang diambil dari salah satu bagian Lorem Ipsum.

Setelah ia mencari maknanya di di literatur klasik, ia mendapatkan sebuah sumber yang tidak bisa diragukan. Lorem Ipsum berasal dari bagian 1.10.32 dan 1.10.33 dari naskah "de Finibus Bonorum et Malorum" (Sisi Ekstrim dari Kebaikan dan Kejahatan) karya Cicero, yang ditulis pada tahun 45 sebelum masehi. Buku ini adalah risalah dari teori etika yang sangat terkenal pada masa Renaissance. Baris pertama dari Lorem Ipsum, "Lorem ipsum dolor sit amet..", berasal dari sebuah baris di bagian 1.10.32.

Dimana Kita Bisa Membuat Lorem Ipsum
Ada banyak variasi tulisan Lorem Ipsum yang tersedia, tapi kebanyakan sudah mengalami perubahan bentuk, entah karena unsur humor atau kalimat yang diacak hingga nampak sangat tidak masuk akal. Anda mau membuat teks lorem ipsum untuk memenuhi artikel dalam blog dummy? tenang saja banyak Generator Teks Lorem Ipsum bertaburan di internet. Salah satunya anda bisa bisa buat disini : Generator Lorem Ipsum atau http://www.lipsum.com/

Lorem Ipsum dalam Bahasa Indonesia
Berikut ini adalah terjemahan bahasa indonesia dari naskah lorem ipsum standar yang digunakan sejak tahun 1500an

"Demikian pula, tidak adakah orang yang mencintai atau mengejar atau ingin mengalami penderitaan, bukan semata-mata karena penderitaan itu sendiri, tetapi karena sesekali terjadi keadaan di mana susah-payah dan penderitaan dapat memberikan kepadanya kesenangan yang besar. Sebagai contoh sederhana, siapakah di antara kita yang pernah melakukan pekerjaan fisik yang berat, selain untuk memperoleh manfaat daripadanya? Tetapi siapakah yang berhak untukmmencari kesalahan pada diri orang yang memilih untuk menikmati kesenangan yang tidak menimbulkan akibat-akibat yang mengganggu, atau orang yang menghindari penderitaan yang tidak menghasilkan kesenangan?"

Bagaimana? Sekarang kalian udah tahu tentang arti lorem ipsum, sejarahnya, mengapa ia digunakan, dan bagaimana kita bisa mendapatkannya. Sekian artikel tentang "Apa itu Lorem Ipsum ?", Semoga dapat bermanfaat untuk anda semua, dan jangan lupa berkomentar untuk meninggalkan Jejak. :)

Source : http://id.lipsum.com/, http://id.wikipedia.org/wiki/Lorem_ipsum.

#Tags

Tidak ada komentar untuk *Apa itu Lorem Ipsum ?!

Silahkan berkomentar sesuai topik artikel diatas dan jangan buang waktu anda hanya untuk membuat komentar SPAM disini.